Pin It

02 Januari 2023

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 20:51

Mengenal Standar Token Ethereum ERC

Semenjak ramainya kripto dan dApps, kita makin akrab dengan token Ethereum atau ERC. Nah, kali ini saya akan bahas standar token Ethereum (ERC). Apa itu ERC? ERC adalah singkatan dari Ethereum Requests for Commands. Sesuai definisinya, Anda dapat memahami standar token ini digunakan setelah mengembangkan token tertentu dan untuk menentukan kumpulan fungsi dalam bentuk token di blockchain Ethereum. Standar token ERC pada dasarnya adalah struktur yang digunakan pengembang saat memprogram bagaimana token yang diluncurkan di Ethereum akan berfungsi. Daripada membuat blockchain baru dari awal, anggota komunitas Ethereum membangun di atas arsitektur blockchain yang ada dengan Standar ini. Standar ERC yang paling terkenal dan penting adalah ERC-20.

Mengenal Standar Token Ethereum ERC
Mengenal standar token Ethereum ERC 

Di bawah ini saya jelaskan mengenai bermacam-macam Standar Token ERC yang paling penting: 


ERC-20 


ERC-20 telah muncul sebagai standar pertama untuk implementasi token pada blockchain Ethereum. Pengembang menggunakan ERC-20 untuk semua implementasi smart contract di blockchain Ethereum. Token ERC-20 adalah aset digital yang dapat ditransfer dan diterima di blockchain Ethereum. Dengan Standar ERC-20, pengembang dapat membangun di atas token baru Ethereum atau aplikasi terdesentralisasi (dApps). 


ERC-721 


Standar ERC penting lainnya adalah ERC-721 yang digunakan untuk token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT). Orang-orang menggunakan Standar ERC-721 untuk memberi token pada barang dan barang individu yang unik sebagai barang koleksi di industri game kripto. 


ERC-223 


ERC-223 melindungi pengguna dari transfer kontrak yang tidak disengaja dengan memberitahu pengguna untuk mengirim token ke alamat smart contract secara tidak sengaja dan membatalkan transaksi. 


ERC-777 


ERC-777 digunakan sebagai operator. Ini untuk fitur-fitur canggih untuk berinteraksi dengan beberapa token lainnya. Untuk mengirim token atas nama alamat lain dan memberi pemegang lebih banyak kontrol atas token mereka. 


ERC-1363 


ERC-1363 adalah fungsi Standar dari kontrak token, bekerja dengan token yang dapat diimplementasikan untuk membuat token Payable. 


ERC-1155 


ERC-1155 adalah standar multi-token yang digunakan bersama dengan ERC-721 dalam industri game kripto yang memungkinkan pengelolaan token yang dapat dipertukarkan dan tidak dapat dipertukarkan. ERC-1155 dirancang untuk memungkinkan pengguna memiliki sejumlah jenis token dan didukung serta dikelola oleh satu kontrak cerdas sehingga berfungsi. 


ERC-4907


ERC-4907 merupakan perpanjangan dari ERC-721. Ini memungkinkan pengguna untuk memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan NFT tetapi bukan kemampuan untuk mentransfer kepemilikan awal. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk menyewa NFT mereka dan menyimpan token awal. 


Seiring berjalannya waktu, Standar baru dibuat untuk memperbaiki bug lama dan untuk meningkatkan Standar Token ERC yang ada. Anda dapat melihat semua standar token ERC, panggilan terakhir, draf, dan kode terbuka di tautan https://eips.ethereum.org/erc 


Anggota komunitas Ethereum terus berusaha untuk meningkatkan standar yang ada dengan menerapkan fitur baru dan merancang fungsionalitas baru.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut