Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

02 September 2017

5 Vaksin Dari Tembakau, Bukti Tembakau Bermanfaat Bagi Dunia Medis

Malam minggu ini saya akan mengupas artikel kesehatan, terutama manfaat tembakau. Loh gimana, membahas kesehatan kok malah mengupas manfaat tembakau dalam dunia kesehatan? Makanya baca terus hingga selesai. Tembakau sering dikampanyekan sebagai penyebab berbagai penyakit oleh komunitas anti rokok. Meskipun, berbagai sumber penelitian telah menjelaskan bahwa kampanye buruk terhadap tembakau didanai oleh industri farmasi yang tidak ingin tembakau dijual bebas dipasaran.


Berikut adalah beberapa manfaat tembakau yang diwujdukan dalam vaksin-vaksin yang menggunakan bahan baku tembakau:

1. Vaksin Influenza

Tamanan tembakau yang digunakan sebagai media vaksin influenza di Quebec, Canada ternyata enam kali lebih efektif dibandingkan jika menggunakan telur sebagai media pembiakan. Daun tembakau yang sudah mengandung hemaglutinin lalu ditumbuk dan proteinnya diekstraksi untuk dimurnikan menjadi vaksin bagi virus influenza.

2. Vaksin Kanker Lymphoma

Tembakau diklaim sebagai salah satu penyebab kanker paru-paru, ternyata tembakau dapat bermanfaat sebaliknya pada kanker lymphoma atau kanker kelenjar limfa yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Vaksin ini juga berharga jauh lebih murah karena mudah dibiakkan pada daun tembakau.

3. Vaksin Ebola

Beberapa tahun lalu, dunia sempat dihebohkan dengan kemunculan virus Ebola yang menyerang antibodi dan menurunkan kekebalan tubuh manusia. Tetapi penangkalnya justru dibuat dari serum yang berasal dari salah satu jenis tembakau Nicotianabenthamiana. Serum dari tembakau untuk virus Ebola ini diberi nama ZMapp.

4. Vaksin Sakit Perut Norovirus

Penyakit yang diakibatkan oleh virus Norovirus ini ditandai dengan muntah dan buang air besar bagi penderitanya. Biasanya virus ini dengan cepat menyebar di restoran, kapal pesiar, dan tempat makan berskala besar lainnya. Seorang peniliti dari Amerika Serikat telah menemukan obat untuk mencegah Norovirus ini menggunakan tembakau dengan protein yang dikembangkan menjadi vaksin.

5. Vaksin Pes

Pes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Yersiniapestis ini dapat menjangkit manusia dan hewan. Untungnya, peneliti dari Maryland, Amerika Serikat, telah menemukan vaksin yang juga dihasilkan dari TMV (Tobacco Mosaic Virus) sebagai penangkalnya. Cara kerjanya adalah menyuntikkan kembali ke daun tembakau untuk menghasilkan antigen.

Manfaat Tembakau Bagi Kesehatan

Nah, setelah membahas vaksin dari tembakau, sekarang kita bahas manfaat tembakau lainnya bagi kesehatan. Dalam seminar Tembakau untuk Kehidupan (Hotel Aston, Jember, Desember 2013), peneliti Universitas Gadjah Mada, Dr Toto Sudargo menegaskan bahwa tembakau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Klaim ini berkebalikan dengan pemahaman orang kebanyakan, yang menganggap tembakau dianggap tidak baik bagi kesehatan.

“Tak banyak yang tahu jika tembakau mengandung banyak komponen bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan,” kata Toto. Menurut Toto, pada daun tembakau terdapat senyawa bioaktif seperti flavonoid dan fenol.

Flavonoid dan Fenol yang terkandung dalam daun tembakau itu menjadi antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker, anti-karsinogen, anti-proliferasi, anti-flamasi, serta memberikan efek proteksi terhadap penyakit kardiovaskuler.

Toto juga menerangkan bahwa daun tembakau mengandung vitamin C atau asam askorbat yang menjadi antioksidan dan dapat bereaksi dengan antiradikal bebas dengan cara memberikan efek proteksi sel. Di dalam tembakau juga ada zinc (Zn) yang berguna dalam pembentukan struktur enzim dan protein yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, tembakau juga mengandung minyak astiri (essential oil) yang dapat digunakan sebagai antibakteri dan antiseptik. Tembakau juga bisa dijadikan bahan kimia dasar yang dapat digunakan untuk bahan kosmetik, obat bius, industri farmasi, dan lain sebaginya.

Semoga tulisan ini bisa memberikan informasi kepada publik agar tembakau tak hanya dilihat dari sisi negatifnya. Saya pun tidak ingin membuang energi dengan menanggapi berbagai kontroversi serta pandangan miring yang dialamatkan sejumlah pihak kepada komoditas tembakau. Tembakau juga bisa dijadikan berbagai produk yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai 5 Vaksin Dari Tembakau, Bukti Tembakau Bermanfaat Bagi Dunia Medis. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers