Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

24 September 2014

Perjalanan Menegangkan Pekalongan - Banjarnegara Via Karangkobar

Pengalaman perjalanan yang takkan terlupakan bersama mas Windu dari NESSA COMP, route Pekalongan Banjarnegara melalui pegunungan Karangkobar yang ada diantara dua kabupaten tersebut. Perjalanan yang cukup menegangkan bagi pejalan perdana, route sepanjang 64 Km, ditempuh dalam waktu 3 jam dengan menapaki bukit pegunungan yang ditelusuri dalam 769 tikungan.  Tahap Pertama dari Pekalongan menuju tepi bukit, jalan terasa nyaman dan tidak begitu sepi. Sebelum menapaki kaki bukit mengisi bensin terlebih dahulu.



Perjalanan mulai memasuki kaki bukit, dengan penuh harapan agar semua berjalan lancar. Bayangan jalan yang ada sebelumnya, paling tidak jauh berbeda  seperti di jalur Jogja-Wonosari, Wonogiri-Pacitan, Bandung-puncak, Wangon-Banjar, kediri-malang, Ciamis-Tasikmalaya-Nagrek. Ternyata semua bayangan itu jauh berbeda, dan sangat mengejutkan, karena jalannya yang sebelumnya lebar menjadi menyempit dan cukup untuk dua mobil dengan tikungan-tikungannya yang  tajam dan sangat sering. Pemandangan didominasi pepohonan tinggi dan tanpa lampu penerangan jalan dan rambu-rambu lalulintas. Mungkin DLLAJR akan pusing karena terlalu banyak yang harus dipasang, padahal itu penting bagi sopir yang baru pertama lewat seperti saya. Jalan lurus sangat sering tidak lebih dari 100m sudah berbelok ke tikungan.


Perjalanan kami  memang terasa surprise yaitu merupakan route pertama, tanpa pengetahuan keadaan jalan, menempuh lebih dari 700 tikungan, penuh syukur karena kendaraan tidak mengalami kerusakan dan semua penumpang tetap sehat. Mental sopir memang harus kuat disaat melewati setiap tikungan karena tidak jarang tikungan-tikungan tajam ditemui disertai jalan naik turun.



Perjalanan diteruskan menuju Banjarnegera dengan penuh berat hati, karena bayangan sulitnya perjalanan sepanjang 20 km sebelumnya. Hati ditetapkan dan dikuatkan bahwa akan menempuh dengan kesabaran dan waspada serta hati-hati agar setiap km dapat dilalui dengan selamat. Kembali tikungan, kegelapan, kabut dan curamnya tanjakan dan turunan harus kita lewati dengan ketenangan. Semua penumpang kita kondisikan agar tenang dan  berdo’a.




Didaerah sini kita istirahat dulu disebuah sungai yang airnya sangat jernih.

 



Daerah yang kita temui selanjutnya yaitu KARANG KOBAR. Keramaian terakhir sebelum Banjarnegara.
Akhirnya dengan waktu tempuh 110 menit mampu menempuh 46 km, kota Banjarnegara betul-betul kita temui. Kenikmatan kita rasakan begitu kami sadari dan yakini  bahwa keramaian dan kehidupan kita temukan adalah betul bahwa kehidupan malam dipenuhi warga Bota banjarnegara.



Anda tertantang dengan perjalanan yang penuh belokan silakan coba rute ini...


Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
92,6 km - sekitar 2 jam 9 menit

1.Ke arah timur
34 m

2.Belok kanan menuju Jl. Jend. Sudirman
0,3 km

3.Belok kiri di Jl. Madura
0,4 km

4.Belok kiri menuju Jl. Jend. Sudirman
0,4 km

5.Terus ke Jl. Dr. Setia Budi
0,5 km

6.Terus ke Jl. Dr. Sutomo
2,4 km

7.Terus ke Jl. Slamet Riyadi
1,7 km

8.Terus ke Jl. Jendral Sudirman
4,1 km

9.Terus ke Kandeman
3,2 km

10.Terus ke Raya Subah
1,9 km

11.Belok kanan
3,7 km

12.Belok kanan
82 m

13.Belok kiri
0,4 km

14.Ambil belokan kiri ke-1
0,9 km

15.Belok kiri
4,7 km

16.Belok kiri menuju Jalan Raya Bandar Selatan
1,1 km

17.Terus ke Jalan Raya Bandar Selatan
19,4 km

18.Belok kiri menuju Jl. Tlagabang
3,4 km

19.Terus ke Jl. Tlagabang
1,5 km

20.Belok kanan menuju Raya Wanarejo
7,4 km

21.Belok kiri menuju Raya Wanarejo
3,7 km

22.Terus ke Jl. Raya Wanayasa-Karangkobar
0,6 km

23.Belok kiri untuk tetap di Jl. Raya Wanayasa-Karangkobar
11,1 km

24.Belok kiri
5,6 km

25.Belok kanan
2,4 km

26.Belok kiri menuju Jl. Raya Wanadadi
3,0 km

27.Belok sedikit ke kanan menuju Jl. Raya Wanadadi
8,5 km

28.Belok kiri menuju Raya Wonodadi
47 m

29.Belok kanan menuju Raya Wonodadi
0,2 km
Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Perjalanan Menegangkan Pekalongan - Banjarnegara Via Karangkobar . Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers