Pin It

08 June 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:30

Arti Maksud Dan Tujuan Komunitas

Iseng saja saya mencari dan mencoba memahami apa arti sebuah komunitas seperti misal Komunitas Penggemar Bus. Karena akhir-akhir banyak komunitas selalu saja ada hal-hal yang membuat saya tertawa kecil, karena selalu saja ada hal-hal yang sebenarnya adalah hal-intern komunitas di jadikan issue untuk orang diluar komunitas.


Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”.
-http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas-

Sudah jelas disini maksud dan tujuan saya berkomunitas adalah mendapatkan teman dan sahabat, bisa mendapatkan ilmu yang berbeda, bisa juga mensharing ilmu bila diperlukan, dan belajar dari orang lain dan belajar tentang pribadi-pribadi berbeda yang berada pada komunitas.  Karena dengan mengenal pribadi yang berbeda siapa tahu kita bisa bekerja sama di luar komunitas itu sendiri.

Saran saya untuk komunitas dan anggotanya, tolong untuk membuang baju kebesaran kita yang membuat kita ‘sombong’ dan ‘ merasa paling berjasa’ pada saat berada di komunitas.  Buang jauh-jauh bahwa kita lebih pintar, lebih tua, lebih bermanfaat, lebih besar dari yang lain karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Memang saya akui untuk membuang  kelebihan itu sangat sulit tapi bukan tidak mungkin…
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email