Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

09 October 2013

Bus ISUZU NQR 71

Selama ini, Isuzu sudah dikenal sebagai market leader untuk kendaraan microbus empat ban di Indonesia. Kehadiran Isuzu Elf NQR 71 Bus bisa dikatakan untuk melengkapi produk portofolionya pada segmen bus enam ban. Tentu saja dengan keunggulan yang terdepan, yaitu dengan tetap mengutamakan prinsip ramah lingkungan.

Dengan demikian, produk Isuzu ini sangat cocok untuk mengembangkan bisnis transportasi, seperti bisnis pariwisata, commuter bus, shuttle dan angkutan umum. Tidak hanya memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan customernya, Isuzu menyediakan layanan purna jual hanya untuk para pelanggan. Isuzu Elf NQR 71 Bus memiliki banyak keunggulan. Kendaraan ini memiliki seat pich yang lega, sehingga jarak satu penumpang dengan penumpang lainnya tidak terlalu berdekatan.Tentunya, kendaraan lebih aman dan nyaman karena menggunakan hydraulic brake booster, stabilizer pada roda depan dan belakang dan suspensi khusus kendaraan bus. Jenis tersebut memiliki wheelbase (jarak sumbu) terpanjang di kelasnya, yakni 4.175 mm.

Pada hari Senin, 4 Februari 2013, ISUZU meluncurkan produk baru berupa medium bus NQR71. Elf NQR71 Medium Bus ini mempunyai tagline “Panjang Sasisnya, Banyak Penumpangnya”. Memiliki wheelbase 4.175, yang merupakan chassis terpanjang di kelasnya. Kapasitas tempat duduk 31 penumpang ( standard ) dan dapat ditingkatkan sampai 35 penumpang ( extended ).

Dengan berbagai penyempurnaan disain, NQR 71 akan menjadi pilihan bagi pengguna dan pengusaha angkutan penumpang yang menguntungkan. Berbagai keunggulan ditanamkan pada chassis NQR 71 ini untuk lebih meningkatkan faktor kenyamanan, kekuatan dan keamanan bagi penggunanya. Selain itu, dengan hadirnya produk ini, ISUZU NQR 71 akan merupakan investasi yang sangat menguntungkan bagi pengusaha transportasi.

MESIN:

Menggunakan mesin ISUZU 4HG 1 T ( 125 PS) yang terkenal handal untuk angkutan berat. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh NKR 71 dan NKR 71 HD. Dengan demikian, ada banyak komponen yang dapat digunakan bersama untuk jaminan ketersediaan suku cadang dan harga yang lebih kompetitif. Dengan torsi maksimum sebesar 35 Kg/1.200 – 2.200 RPM. Turbo TANPA intercooler, tenaga yang dihasilkan sudah memcukupi kebutuhan sebuah bus medium. Keunikan FLAT TORQUE yang hanya dimiliki ISUZU membuat ISUZU tetap irit dan efisien.

Menggunakan 1 filter solar (berbeda dengan NKR 71) cukup dengan perbedaan diameter filter sehingga kotoran tetap tersaring dengan baik. Pemanfaatan teknologi EGR dan DLR tetap dioptimalkan.

Transmisi:

Type MYY5T, merupakan transmisi tangguh dan handal yang sudah dikenal kuat dan efisien, dengan sedikit “power loss”. Dengan perpaduan transmisi ini dan final gear yang besar, ISUZU NQR 17 memiliki gear ratio TERBESAR dikelasnya (5.857 ).

RANGKA / CHASSIS:

Dengan jarak sumbu roda (WB) 4,175 merupakan medium bus terpanjang dikelasnya. Pitch seat mencapai 710 mm. ROH dan FOH lebih panjang dibanding kompetitornya. Menggunakan material rangka (code SHPH 540) type 700P straight shape tanpa penguat (reinforce) membuat NQR 71 lebih lentur namun kuat sehingga lebih nyaman ditumpangi.

Design ROH (Rear Over Hang) dengan sistem baut tanpa las, memudahkan karoseri untuk melakukan modifikasi ROH tanpa mempengaruhi struktur dan kerusakan material. Menggunakan STABILIZER pada kedua sumbu roda (depan - belakang) menjamin manuver NQR 71 tetap stabil dan nyaman dalam perjalanan.

SUMBU RODA:

ISUZU NQR 71 dirancang dengan menggunakan jarak pijak kendaraan yang lebih lebar dibandingkan kompetitor.
Dengan penggunaan sumbu lebar, ikut menambah stabil dan nyaman manuver bus dalam perjalanan.

SUSPENSI DAN PEREDAM KEJUT:

ISUZU NQR 71 menggunakan per tunggal tanpa per pendukung (main spring only. w/o helper spring) untuk menjamin kelenturan dan kenyamanan penumpang. Posisi per dirancang pada bentuk rata / flat (negative chamber) dengan ukuran 7x12 mm tappered dan 84 mm thick (belakang) dan 7x11 mm tappered dan 77mm thick (depan) untuk menambah kestabilan dan kelenturan.

Peredam kejut / shock absorber dengan travel lebih panjang dan lembut. Pada bagian sumbu roda belakang, dilengkapi dengan peredam kejut yang terpasang paralel guna mereduksi gerakan oleng pada badan bus.

SISTER REM:

ISUZU NQR 71 menggunakan sistem pengereman unik yaitu HBB (HIDROLYC BRAKEBOOSTER) membuat pengereman lebih pakem namun tetap lembut.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Bus ISUZU NQR 71. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers