Pin It

10 July 2011

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 13:16

Pengemudi Bis Perlu Asupan Vitamin Lebih

Pengemudi bis itu manusia heavy duty, berkendara tiap hari dan sudah pasti menguras energi, menghirup racun di jalanan plus gangguan cuaca. Belum lagi otot dan peredaran darah dipaksa kerja keras mengendalikan kendaraan. Perhatian ekstra ikhwal kondisi tubuh tak bisa ditawar lagi. Selain gizi seimbang, asupan vitamin sangat diperlukan. Agar tetp vit dan kesehatan terjaga jangan lupa vitamin C E dan MULTIVITAMIN.

      Pengemudi Bis Perlu Asupan Vitamin Lebih

Para ahli gizi menitik beratkan vitamin E dan C sebagai asupan penting. "Dalfarol, Nature E, atau Seloxy sangat baik". Vitamin ini kerap jadi perhatian bagi mereka yang sangat memperhatikan kesehatan. United State Recomended Daily Allowence (USRDA) mengulas,patokan ideal 60 mg per hari untuk kita. Masalahnya vitamin ini tidak dibuat sendiri oleh tubuh kita hingga pengambilan dari luar adalah keharusan. Apalgi pengemudi bis dengan aktivitas beratnya. Mereka sering kehilangan cairan tubuh yang secara otomatis kehilangan vitamin C dalam tubuh. Padahal jika kekurangan beberapa gangguan akan kita alami. Diantaranya pendarahan dalam (haemorrhages) dengan tanda lebam berwarna hitam biru dibagian tubuh, gusi berdarah, struktur tulang tidak stabil, kehilangan kalsium dan banyak lagi. O ya, pengemudi bis kan kadang terluka,vitamin C sangat baik untuk mempercepat penyembuhan luka karena meningkatkan kadar pengeluarn collagen yang mempercepat penyembuhan. 
    
Gencarnya iklan vitamin C jug perlu diwaspadai. Sealin standar yang dibuat USRDA, pakar medis lain juga mematok kebutuhan standar vitamin C manusia. Untuk pria 18 tahun keatas diperlukan kira - kira 90 mg perhari. Untuk wanita 75 mg per hari. Sedang ibu hamil dan menyusui kira - kira 120 mg per hari. Wah, padahal iklan vitamin C di tv sampai 1.000 mg. Dalam berbagi situs kesehatan, iklan ini dianggap berlebihan. Jika kebutuhan mnusi kisaran 75 - 120 mg perhari, dosis 1.000 mg sangatlah besar. Kelebihan vitamin C akan dibuang oleh tubuh oleh air kencing dan keringat. Jadi jika dihitung, kalau mengkonsumsi vutamin C 1.000 mg, cuma 10 % nya saja terpakai. Sisanya 90 % akan terbuang. He..He.. buang duit tuh..
    
Sealain C, vitamin E juga tak kalah penting fungsinya. Selain sebagai antioksidan, zat ini juga berfungsi sebagai anti pembengkakan yang berhubungan dengan pencegahan serangan jantung. Bahkan menurut penelitian di Inggris, pengkonsumsi vitamin E antara 400 IU smpai 800 IU perhari rutin selama 18 bulan,mengurangi resiko serangan jantung sampai 77 %. 
    
Untuk kita,dianjurkan mengkonsumsi vitamin E 200 IU perhari. makin afdol mengkonsumsi vitamin E dalam bentuk alamiah (d-alphatocopherol) karena efektivitas daya serapnya dua kali dibanding sintetik (ditulis dengan awalan dl). Makin sip lagi, banyak mengkonsumsi makanan banyak mengandung vitamin E seperti kacang - kacangan dan beras tumbuk kasar.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email