Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

07 July 2011

Yuk.... Berwisata Ke LP Sukamiskin

LP Sukamiskin Bandung,sebenarnya memiliki potensi yang layak di jual ke wisatawan. Selain arsitektur gedung LP yang dibangun pemerintah Belanda,juga masih banyak seabrek obyek lain yang bisa dilihat pengunjung.


   
 Disana,ada mesin cetak tua jaman Belanda yang hingga kini masih dipakai. Mesin cetak ini hingga kini masih terus beroperasi dan dioperasikan oleh para napi. Mereka setiap hari terus mencetak baik untuk kepentingan LP maupun pesanan dari luar. Mesin cetak ini wajib dilihat pengunjung karena hanya ada di LP Sukamiskin. Hasil karya lain yang siap di jual kewisatawan adalah lukisan dan ukiran kayu hasil karya para napi. Hasil karya ini layak dijadikan cinderamata oleh para wisatawan. Potensi inilah yang terus digali oleh pihak LP untuk terus dikembangkan. Untuk melancarkan usaha ini,pihak LP kini telah memiliki sejumlah agen pemasaran di Bandung.

SEKILAS LP SUKAMISKIN
   
  Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin,Bandung merupakan penjara tertua di Indonesia. Penjara ini di bangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1817. Tujuan pembangunan LP ini adalah untuk mengkerangkeng pejabat negara yang dianggap melawan kebijakan dan peraturan pemerintah Belanda. Jadi LP ini di khususkan untuk memenjarakan kaum politisi.
       LP Sukamiskin berdiri dilahan seluas 2 hektare yang terletak dijalan raya Ujungberung,Sukamiskin,Bandung. LP ini memiliki 552 kamar 2 lantai. Presiden 1 kita, Bung Karno sempat menikmati salah satu kamar di lantai 2.




RUTE MENUJU LP SUKAMISKIN 

LP Sukamiskin berada ditempat yang sangat strategis dan mudah dijangkau. Lokasi LP juga dilalui kendaraan umum 24 jam. Untuk wisatawan yang datang dari Jakarta bisa menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Inilah beberapa rute menuju LP Sukamiskin. Dari Jakarta masuk tol Cipularang - Purbaleunyi dan keluar pintu tol Pasteur. Masuk jembatan layang Pasopati (Gedung Sate) kemudian melaju lurus kearah terminal bis Cicaheum,hingga tembus ke LP Sukamiskin. 

Rute lainnya,dari Jakarta bisa keluar pintu tol Cileunyi melaju kearah Cibiru masuk Ujungberung dan tiba di LP Sukamiskin. Bisa juga diakses melalui pintu tol Buah Batu,belok kanan menuju jalan Soekarno - Hatta. Dari lampu merah Gedebage belok kiri kemudian lurus hingga Ujungberung. Alternatif lain, pasar induk Gedebage menuju jl. Arcamanik hingga tiba di LP Sukamiskin. 

Selamat Berkunjung......                                                                                                                                                                       
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Yuk.... Berwisata Ke LP Sukamiskin. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers