Pin It

11 June 2024

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 18:46

Manfaat Rumput Setan (Minjangan) untuk Kesehatan Manusia

Rumput Minjangan (Chromolaena odorata) mempunyai banyak nama yakni Bandotan atau Balakacida dan juga diberi nama "Devil weed" atau gulma setan karena dianggap sebagai spesies invasif yang dapat berkembang biak dengan cepat. Meskipun sering dianggap sebagai tanaman pengganggu, daun Balakacida telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan pengobatan tradisional. Dalam perkembangannya, penelitian ilmiah mulai menyoroti potensi kesehatan dari tanaman ini, membuka wawasan baru terkait manfaat yang mungkin dapat diberikannya. 

Manfaat Rumput Setan (Minjangan) untuk Kesehatan Manusia
Rumput Minjangan

Tanaman rumput Minjangan mengandung berbagai senyawa aktif, termasuk flavonoid, alkaloid, saponin, tanin, dan steroid. Selain itu, daun balakacida juga kaya akan mineral penting seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfat, zat besi, dan zinc. Bagi masyarakat desa, rumput Minjangan sangat lumrah dijadikan sebagai obat atau antibiotik ketika mengalami luka. 


Masyarakat biasanya menggunakan rumput minjangan dengan cara dilumatkan sampai halus yang kemudian ditempelkan ke bagian kulit yang mengalami luka. Rasa sensasi perih yang diberikan air lumatan daun minjangan ini memang luar biasa. Namun rasa perih hanya sebentar, dan kemudian dengan cepat membuat darah yang keluar dari luka langsung berhenti. Kulit pun berangsur-angsur membaik dan sembuh. 


Manfaat Rumput Setan (Minjangan) untuk Kesehatan Manusia
Bunga rumput Minjangan

Daun Minjaangan atau daun bandotan juga ampuh untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit mata, seperti mata merah, belekan atau lainnya. Tumbuk saja daun ini dan ambil airnya untuk diteteskan pada mata yang sakit. 


Berikut ini adalah beberapa manfaat yang luar biasa dari rumput minjangan: 


1. Potensi Anti Inflamasi 


Daun Balakacida telah diteliti dan menunjukkan aktivitas antiinflamasi yang kuat. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga bermanfaat bagi penderita penyakit inflamasi seperti arthritis dan radang sendi. 


2. Sifat Antioksidan yang Melindungi Sel-sel Tubuh


Tumbuhan Balakacida mengandung senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan membantu melawan stres oksidatif dan memperlambat proses penuaan sel, serta mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung. 


3. Potensi Antikanker yang Menjanjikan


Meskipun penelitian masih dalam tahap awal, ada bukti bahwa beberapa senyawa yang terkandung dalam Balakacida memiliki potensi antikanker. Studi awal menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, membuka pintu bagi pengembangan terapi kanker baru. 


Nah, dari sifat antiinflamasi dan potensi antikanker, manfaat dari tumbuhan ini membuatnya layak untuk lebih dipelajari dan dimanfaatkan dalam pengobatan modern.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    This is the current newest page
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers