Pin It

21 Desember 2022

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:34

Sinyal TV Digital Bagus dengan SFN (Single Frekuensi Network)

Akhir-akhir ini sering kita dengar suara² miring mengenai TV Digital (Digital Video Broadcast over Terrestrial atau DVB-T). Banyak diantara mereka bilang migrasi ke siaran digital hanya menyusahkan orang di daerah pelosok karena susah sinyal. Memang saya akui, di daerah saya sendiri, Ambal, Kebumen yang masuk Jawa Tengah 8 juga susah sinyal. Kita hanya bisa bersabar dan maklum karena sementara ini di Indonesia baru uji coba dan masih simulcast di siaran digital. Kita harus tetap optimis suatu saat kita semua akan menikmati siaran tv digital dengan mudah meski tinggal di pelosok. Aku percaya, suatu saat semua penyelenggara MUX akan membangun SFN atau Single Frekuensi Network di area yang lemah sinyal atau blank spot. Ya karena memang memungkinkan untuk penggunaan Single Frequency Network (SFN) pada siaran digital. 

Sinyal TV Digital Bagus dengan SFN (Single Frekuensi Network)

Apa itu SFN (Single Frekuensi Network) TV Digital? 


SFN (Single Frequency Network) merupakan jaringan penyiaran digital yang menggunakan 1 frekuensi pada beberapa pemancar (MUX) jadi nantinya para  penyelenggara MUX akan membangun SFN di setiap wilayah yang blank spot atau susah sinyal. Secara sederhana, SFN ini semacam tower relay. Tapi sekali lagi kita harus bersabar karena pembangunan SFN ini pasti akan bertahap karena membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Nah nantinya tv digital yang berada di area susah sinyal akan mendapatkan sinyal yang berlimpah kalau SFN sudah dibangun. 


Jadi SFN bisa menjadi salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menjangkau seluruh wilayah layanan siaran TV digital dengan frekuensi yang sama walau di wilayah yang susah sinyal dan tidak terjangkau MUX.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut