Pin It

16 June 2015

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 11:28

Tol Cikapali Persingkat Jarak Tempuh Jalur Pantura ±40 km

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) sebelum memasuki bulan Ramadan. Dengan panjang 116,75 kilometer (km), Tol Cikapali bakal menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. Kehadiran jalan bebas hambatan ini diharapkan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalur Pantai Utara (Pantura) serta akan menghemat waktu perjalanan Anda saat mudik lebaran. Sebab, jalan tol yang dibangun PT Lintas Marga Sedaya ini akan memangkas jarak Cikampek-Palimanan hingga 40 kilometer ketimbang Anda lewat jalur Pantura.  Tol ini juga menjadi penghubung  Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Palimanan-Pejagan yang selama ini sudah beroperasi.
Jalan tol Cikopo – Palimanan dibiayai dengan Skema Private Public Partnership (PPP)/Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan jalan serta mendorong pengembangan kawasan pendukung di wilayah Jawa Barat.‎


Jalan tol Cikopo – Palimanan merupakan bagian dari jaringan Jalan tol Trans Jawa dan akan menghubungkan Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Jalan Tol Palimanan – Kanci. "Dengan beroperasinya Jalan tol Cikopo – Palimanan akan mengurangi jarak tempuh jalur Pantura sepanjang ±40 km dan mengurangi waktu tempuh selama kurang lebih 1,5 jam. Hal ini diharapkan dapat menyelesaikan sebagian besar permasalahan pra sarana jaringan jalan khususnya di wilayah Pantura Jawa Barat dan juga mendukung mobilitas di wilayah barat Pulau Jawa dan mendukung perkembangan potensi ekonomi.

Besaran tarif yang telah ditentukan untuk melintasi tol terpanjang di Indonesia tersebut sebesar Rp 96 ribu untuk golongan I.  "‎Besaran tarif tol sebesar Rp 96 ribu yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri PU Pera. Dengan tarif yang ditetapkan maka lebih mahal dari tarif awal yang ada di Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sebesar Rp 750 per KM atau sebesar Rp 87 ribu.

Namun tarif sebesar itu masih terhitung murah terutama untuk bus dengan pengemudi ttunggal seperti PO Sumber Alam. Apalagi dari perusahaan ada pengganttian penuh untuk tarif tol ini meskipun bila melalui tol Cipali ada pengurangan jatah solah sebesar 15 liter. Kenapa terhitung murah? karena waktu tempuh bisa lebih cepat sampai 4 jam. Bus saat melewati Pantura memasuki Pool Kuoarjo sekitar jam 05.00 pagi sedangkan via tol Cipali bisa masuk Kutoarjao jam 01.00 dini hari. Jelas waktu isrirahat crew juga lebih panjang.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers