Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

30 August 2013

Tour Nostalgia Mengenang Bus Tempo Doeloe (Bus MITSUBISHI MR470 Tahun 1963)


 Pengertian sederhana Bus adalah sebuah alat transportasi darat untuk memindahkan seseorang dari satu tempat ke tempat lainnya. Sayangnya banyak orang tidak peduli pada bus padahal bus ada di sekitar kehidupan mereka dan bus juga turut berperan dalam pembangunan bangsa. Dan tentunya banyak kisah terjadi diantara deretan kursi dalam sebuah bus. Sehingga sangat wajar apabila kami yang tergabung dalam grup SEJARAH TRANSPORTASI di media sosial Facebook yakni tempat berkumpulnya para pemerhati sejarah transportasi di Indonesia mengenang jasa bus.
     
      Kami Widodo Groho Triatmojo (Kebumen), Dhidhi Wahyu Permono (Kebumen), Gondes Mubarok (Bogor), Waluyo Setyo Negoro (Pekan Baru), Wisnu Adi Nugroho (Bogor), Fajar Rio Setiawan (Bekasi), Faried (Purworejo), Wahyu GSS (Semarang) dan pasangan suami istri Genta Dees dan Dhenie Umie Wantie (Cibarusah Cikarang) sepakat untuk melakukan touring keliling kota dengan menggunakan bus antik. Tujuan utama dari touring ini adalah mengenang bus tempo dulu, mengenalkan kepada masyarakat bagaimana bentuk bus jaman dahulu sekaligus mengajak kepada masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi publik dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

      Dari hasil diskusi saya dan rekan - rekan, akhirnya terpilih sebuah bus klasik koleksi museum nya PO Sumber Alam Kutoarjo. Bus bermerek MITSUBISHI MR470 keluaran tahun 1963. Bus dengan mesin 6DB1 berkapasitas 8550cc dengan tenaga 165 PS ini terbilang istimewa karena langka, antik dan masih bertenaga. Dengan menggunakan bus ini, tujuan menarik perhatian warga yang di lewati bakal tercapai karena bus pasti akan menarik perhatian.

      Touring diawali dari museum transportasi PO Sumber Alam yang berada di kawasan wisata terpadu Sumber Adventure Center (SAC) di desa Andong, Kutoarjo karena memang bus berada di dalam museum tersebut. Jam 10.00 pagi tanggal 11 Agustus 2013 kita mengeluarkan bus dari dalam museum. Sebenernya kita di beri kepercayaan dan kebebasan untuk mengemudikan sendiri bus tersebut dengan di kawal seorang mekanik. Tetapi mengingat usia bus yang sudah tua kita tidak ada yang berani mengemudikan bus tersebut. Akhirnya mekanik yang mengawal kita kebagian tugas mengemudikan bus.

      Ketika bus keluar ruangan dan memasuki area wisata dan rest area Sumber Adventure center (SAC) bus sudah menjadi pusat perhatian pengunjung. Bus berjalan pelan memasuki jalan raya dan belok kiri menuju kota Purworejo. Di lampu merah pertama terminal Kutoarjo bus kembali menjadi pusat perhatian para pengguna jalan bahkan para pengemudi bus lain pun tampak mengagumi armada klasik milik PO Sumber Alam ini. Lampu lalu lintas berganti hijau dan bus kembali berjalan untuk mengisi solar di SPBU 44.541.12 milik PO Sumber Alam.
     
      Usai mengisi solar bus melanjutkan perjalanan "Tour Nostalgia Mengenang Bus Tempo Doeloe" dengan kecepatan pelan dan santai. kami sangat menikmati perjalanan tersebut meski hanya berkeliling kota Purworejo. Sepanjang perjalanan bus ini benar - benar menjadi pusat perhatian pengguna jalan lain. Di depan pintu masuk terminal Purworejo kami di persilahkan lurus dan tidak memasuki terminal oleh bapak -bapak Petugas Dishub. Memasuki kota Purworejo bus berjalan pelan untuk menarik perhatian warga sekitar. Bus melewati depan kantor bupati Purworejo dan mengitari alun - alun untuk kemudian kembali ke Kutoarjo.

      Tak terasa bus sudah sampai kembali di depan pintu masuk terminal Purworejo. Kita belokkan bus ke kiri untuk masuk terminal dan parkir sejenak di dalam terminal. Di terminal, bus benar - benar menjadi pusat perhatian para penumpang dan crew bus yang ada dalam terminal. Banyak di antara mereka yang memotret bus yang kami gunakan. Di sini juga kami mengkampanyekan dan mengajak para masyarakat unutuk membuydayakan menggunakan sarana transportasi publik dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Di sini juga kami foto bersama untuk kenang - kenangan.
  

Lokasi: Sumber Adventure Center
Lokasi: SPBU Sumber Alam
Mas Waluyo Setyo Negoro
Mas Harno
Melibas Tikungan
Foto Bersama Di Dalam Bus
Foto Bersama Di Terminal Purworejo
Foto Bersama Di Terminal Purworejo
Menikmati Suasana Terminal Purworejo
Mba Dhenie Umie Wanti
Terminal Purworejo
Terminal Purworejo
Keluar Terminal Purworejo
Setelah 1 jam berada di terminal Purworejo kita melanjutkan perjalanan pulang menuju museum transportasi PO sumber Alam di kawasan wisata terpadu Sumber Adventure Center (SAC). Sungguh sebuah perjalanan yang sangat mengesankan buat kami. Dan Insya Allah touring - touring menggunakan bus antik akan terus kami lakukan di tempat yang beda dan menggunakan bus yang beda pula. Harapan kami semoga transportasi publik indonesia semakin maju dan kita semua jangan lupakan sejarahnya.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tour Nostalgia Mengenang Bus Tempo Doeloe (Bus MITSUBISHI MR470 Tahun 1963). Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers