Pin It

30 December 2023

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 17:09

Sorgum, Tanaman Rumput-rumputan Pengganti Nasi

Pagi tadi aku melihat tanaman sorgum atau cantel (gandrung) dibiarkan tumbuh liar diantara tanaman padi. Nah, mungkin banyak teman² yang penasaran atau tidak tau apa itu Sorgum. Sorgum adalah sejenis rumput-rumputan dan masih satu keluarga dengan padi dan gandum. Sorgum berasal dari Nigeria, Afrika. Persebaran Sorgum pertama sampai ke Ethiopia hingga Mesir. 

Sorgum, Tanaman Rumput-rumputan Pengganti Nasi
Sorgum, tanaman rumput-rumputan pengganti nasi

Walaupun Sorgum berasal dari daerah dengan iklim kering, namun tumbuhan ini dapat hidup di mana saja, entah di tanah kering atau tanah dengan kandungan air tinggi. Sorgum dapat terus tumbuh walaupun telah dipangkas batangnya. Potensi Sorgum antara lain yakni daya adaptasi yang luas, produktivitasnya tinggi, tahan hama dan penyakit tanaman, selain itu tanaman sorgum tahan dengan kondisi marjinal (kekeringan, salinitas, dan lahan masam. 


Kandungan Gizi Sorgum


Sorgum memiliki kandungan protein, serat, kalsium, fosfor, dan zat besi yang lebih tinggi daripada beras, serta kandungan lemak dan gula yang lebih rendah. Selain itu, Sargum juga kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, zinc, vitamin B1 (tiamin), dan piridoksin (vitamin B6). Biji-bijian ini juga mengandung senyawa tanin, fenolik, dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Karena Sargum memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan kemampuan adaptasinya yang luas membuat sorgum menjadi pilihan yang baik sebagai sumber pangan alternatif pengganti beras dan sebagai tanaman yang ramah lingkungan. 


Manfaat Tanaman Sorgum


Tanaman sorgum dapat dimanfaatkan mulai dari biji hingga batang, daun, dan akarnya. Biji Sorgum dapat diolah menjadi aneka ragam makanan. Biji Sorgum merupakan pengganti nasi dan dapat dijadikan bubur. Tepung Sorgum bisa dijadikan sebagai bahan pembuat kue dan roti. Selain untuk bahan makanan, biji Sorgum bisa diolah menjadi Bioethanol sebagai sumber bahan bakar.


Sorgum, Tanaman Rumput-rumputan Pengganti Nasi
Biji Sorgum

Daun Sorgum untuk mengganti rumput pakan ternak sedangkan tangkainya diolah menjadi kerajinan tangan dan sapu. Batang Sorgum merupakan lumbung Bioethanol dan bahan baku pembuat kertas. Batang muda Sorgum mempunyai rasa manis sehingga bisa diolah menjadi sirup. Akar Sorgum merupakan jamu yang berkhasiat memperlancar peredaran darah.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers