Pin It

07 August 2023

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:04

Serba-serbi Bursa Aset Kripto, Apa Saja Keistimewaannya?

Indonesia baru-baru ini memiliki bursa aset kripto yang diluncurkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti) pada 28 Juli 2023 lalu. 

Serba-serbi Bursa Aset Kripto, Apa Saja Keistimewaannya?

Diharapkan bursa aset kripto ini bisa membuat transaksi kripto lebih transparan, aman, dan efektif. Selain itu, adanya bursa aset kripto ini adalah langkah maju untuk meningkatkan pengawasan dan memajukan industri kripto Indonesia. 


“Langkah ini juga momentum penting bagi Calon Pedagang Fisik Aset Kripto (CPFAK) untuk memperoleh status pedagang fisik aset kripto. Selain itu, peresmian ini juga memberikan wadah bagi pelaku usaha untuk bertransaksi yang aman dan terpercaya,” demikian pernyataan Ketua Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) Teguh Kurniawan Harmanda dalam keterangannya sebagaimana dilansir dari kantor berita Antara, 3 Agustus 2023.


Namun, tentu banyak yang belum paham mengenai bursa aset kripto ini. Berikut sederet fakta terkait bursa aset kripto yang perlu diketahui sebagaimana kami rangkum dari berbagai sumber.


Keamanan bagi investor 


Dengan adanya bursa aset kripto ini, maka investor akan merasa aman bertransaksi. Menurut Co-founder CryptoWatch dan Pengelola Channel Duit Pintar, Christopher Tahir, bursa aset kripto ini bisa mengatasi pedagang kripto abal-abal karena semua melalui proses kliring.


Pedagang-pedagang kripto yang mendaftar tentunya juga terpercaya. Sejauh ini, sudah ada 23 calon pedagang aset kripto yang mendaftar di bursa ini. 


Sesuai rencana 


Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti Tirta Karma Senjaya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber Juni 2023 lalu mengatakan bahwa pihaknya tengah merencanakan pembentukan bursa aset kripto ini yang rencananya diluncurkan Juli 2023. 


Sebelumnya memang ada kendala aturan terkait peluncuran bursa aset kripto ini. Karena harus ada kejelasan aturan sebelum bursa ini diluncurkan mengingat bursa ini menyangkut juga kepentingan konsumen selain perusahaan. 


"Karena ini berkaitan dengan perlindungan konsumen, kita tidak mau nanti tidak ada KYC (Know Your Customer)-nya, kita tidak mau nanti entitas perusahaan yang tidak jelas, karena ini kan tidak hanya berhubungan dengan konsumen tapi juga dengan perusahaan," ujar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di JCC Mei 2023 lalu, sebagaimana dilansir dari situs resmi Kementerian Perdagangan. 


Biaya transaksi kemahalan? 


Belum ada rincian mengenai biaya transaksi di bursa aset kripto ini. Menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) Roby, biaya transaksi masih dalam perundingan karena melibatkan berbagai pihak seperti lembaga kliring, Bappepti, penyedia kustodian (PT Tennet Depository Indonesia) dan sebagainya. 


Roby mengatakan bahwa pihaknya akan terus berdiskusi agar biaya transaksi tidak terlalu mencekik. Transaksi di bursa aset kripto ini rencananya dibuka pertengahan Agustus 2023 ini.


“Kami terus duduk bersama untuk membicarakan ini, dan meskipun kami sendiri tidak menargetkan kisaran biayanya, kami harap angkanya tidak terlalu tinggi untuk nasabah,” ujar Roby. 


Jika biaya transaksi terlalu tinggi, tentunya akan membuat nilai kripto anjlok lagi. Menurut data Bappebti, nilai transaksi kripto di Indonesia meningkat 9.3 persen di bulan Juni 2023 menjadi Rp 8.97 triliun. 


Transaksi kripto tentunya harus di tempat yang terpercaya. Begitu juga transaksi di platform taruhan online. Maka, aplikasi m88 adalah yang terpercaya karena reputasinya yang menjamin keamanan data penggunanya.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers