Pin It

21 Oktober 2022

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 03:36

Cara Menggunakan Tombol Bantuan, Tombol Penyelamat ketika Kehabisan Saldo E-toll

Mungkin kalian pernah mengalami kartu tol expired, kehabisan saldo e-Toll atau saldo kurang saat melakukan tapping di Gerbang Tol kan? Pasti bingung atau panik kan? Sebenarnya kita tidak perlu panik, tetap calm dan tenang. Jika kalian mengalami hal seperti di atas, langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kendala saldo e-toll habis atau kurang di tengah perjalanan sebagai berikut: 


Cara Menggunakan Tombol Bantuan, Tombol Penyelamat ketika Kehabisan Saldo E-toll
Gerbang tol Salatiga

Cara Menggunakan Tombol Bantuan di Gerbang Tol 


1. Kalian dapat menekan tombol bantuan yang terletak di gardu tempat pembayaran, letaknya berdekatan dengan tombol 'Cetak Struk'. Dengan menekan tombol tersebut, petugas akan datang membantu. Jadi tombol bantuan ini jadi tombol penyelamat saat mengalami kehabisan saldo e-toll. 


2. Setelah petugas datang, kalian dapat langsung meminta bantuan petugas dan menjelaskan kepada petugas bahwa saldo e-toll tidak mencukupi, lalu ikuti arahan petugas tersebut. Mungkin kartu akan diisi ulang secara langsung atau juga diminta membayar secara tunai. 


Nah, sekarang cara mengatasi jika muncul tulisan "E-Toll Card Expired" dan palang pintu tidak terbuka, ini yang harus kalian lakukan:


-Tetap tenang dan jangan panik

-Kalian bisa menekan tombol bantuan yang ada di gerbang tol


Nantinya, akan ada petugas yang datang memberikan bantuan dan menyelesaikan transaksi di gerbang tol. Pengguna dengan kartu yang kadaluarsa juga tidak dikenakan denda atau sanksi bila menekan tombol bantuan. 


Penyebab e-Toll Bisa Expired 


Nah, disini kita wajib paham kalau kartu e-toll yang kadaluarsa tidak menyebabkan saldo uang elektronik hangus. Durasi implementasi waktu kadaluarsa e-toll card juga sudah memperhitungkan waktu perjalanan dan waktu istirahat pengguna jalan tol yakni 1,5 sampai 2 kali waktu tempuh normal.


Namun, khusus untuk jalan tol dengan sistem tertutup terintegrasi (misal Tol Trans Sumatera dan Trans Jawa), batas waktu perjalanan akan menyesuaikan antara kecepatan rata-rata kendaraan dengan jarak atau panjang jalan tol.


Dari ketentuan di atas, e-toll bisa expired karena pengguna terlalu lama mengemudikan kendaraannya di dalam tol sehingga melewati batas waktu. Salah satu penyebab yang sering terjadi karena pengendara mobil terlalu lama berhenti di rest area, sehingga melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut