Pin It

19 Mei 2022

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 09:43

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Tanaman Hias

Akhir-akhir ini tanaman Belimbing Wuluh saya berbunga dan berbuah lebat. Belimbing Wuluh dikenal juga dengan nama belimbing sayur, belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi, atau belimbing asam dan punya nama ilmiah Averrhoa Bilimbi Linn. Menurut Wikipedia, Belimbing Wuluh berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Belimbing Wuluh biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya yang memiliki rasa asam dan sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu. Namun aku sendiri menanam pohon Belimbing Wuluh sebagai tanaman hias. 

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Tanaman Hias
Belimbing Wuluh

Mengenal Tanaman Belimbing Wuluh 


Pohon Belimbing Wuluh tingginya bisa mencapai 5 meter. Batangnya pohon Belimbing Wuluh juga tidak begitu besar, berkulit kasar dan berbenjol-benjol, percabangannya sedikit, dan condong ke atas. Cabang mudanya berambut halus, seperti beludru dan berwarna cokelat muda. Daunnya tersusun dalam bentuk ganda. Bentuknya kecil, berbentuk seperti telur dibelah. Daunnya termasuk majemuk, menyirip, dan ganjil. Anak daunnya bertangkai pendek, berbentuk bulat telur sampai jorong, ujungnya runcing dan pangkalnya membulat. 


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Tanaman Hias
Pohon belimbing wuluh

Manfaat Belimbing Wuluh Buat Kesehatan


Aku sendiri menanam Belimbing Wuluh hanya sebagai tanaman hias dan sesekali buat bumbu masakan karena rasanya yang asam. Namun, dibalik rasanya yang masam, belimbing wuluh memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Menurut Science Direct, belimbing wuluh mengandung protein, vitamin, dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam belimbing wuluh adalah vitamin A, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Sedangkan, mineral yang terkandung adalah fosfor, kalsium, dan zat besi. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung antioksidan dan bersifat astrigen. 


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Tanaman Hias
Bunga belimbing wuluh

Menurut buku Tanaman Obat Keluarga, karya Fauziah, belimbing wuluh mengandung cukup banyak zat aktif seperti saponin, tanin, peroksida, asam format, glukosa, kalsium oksalat, dan sulfur. Kandungan tersebutlah yang membuat belimbing wuluh banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Berikut adalah beberapa manfaat belimbing wuluh:


1. Mengatasi tekanan darah tinggi 


Mengonsumsi belimbing wuluh ternyata dapat mengatasi tekanan darah tinggi, lo. Caranya adalah dengan merebus 2 sampai 3 buah belimbing wuluh yang sudah dipotong dengan air sebanyak 3 gelas. Lalu, minum rebusan air tadi selagi masih hangat.


2. Mengobati diabetes 


Menurut NCBI (National Center for Biotechnology Information), belimbing wuluh sudah terbukti ampuh dalam mengobati diabetes atau kadar gula darah yang terlampau tinggi. Caranya adalah dengan meminum jus belimbing wuluh setelah makan.


3. Menjaga kekuatan tulang dan gigi 


Mengonsumsi belimbing wuluh bisa menjadi alternatif asupan kalsium bagi kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan fosfor pada belimbing wuluh juga dapat meningkatkan efektivitas mineral yang akan menambah kepadatan dan kekuatan tulang dan gigi.


4. Membantu mengobati batuk, pilek, dan demam 


Kandungan vitamin C pada belimbing wuluh ini dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. 


5. Mengatasi alergi


Gangguan alergi ini disebabkan adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh. Meminum jus belimbing wuluh secara teratur menjadi salah satu cara untuk mengurangi alergi.


6. Mengobati infeksi akibat gigitan serangga 


Kandungan zat yang terdapat pada batang dan daun belimbing wuluh bersifat antibiotik yang dapat mengatasi infeksi kuman akibat gigitan serangga.


7. Mengobati penyakit gondongan


Caranya adalah dengan menghaluskan daun dan batang belimbing wuluh yang masih muda bersama bawang putih sampai menjadi pasta.


8. Menurunkan berat badan


Belimbing wuluh mengandung zat antihiperlipidemik yang bisa mencegah peningkatan berat badan tanpa efek samping.


9. Meredakan nyeri


Kandungan belimbing wuluh yang bersifat antiinflamasi dan analgesik dapat meredakan nyeri tanpa efek samping. Caranya adalah dengan menghaluskan daun yang masih muda bersama sedikit air sampai menjadi pasta. Lalu, oleskan pada bagian yang nyeri. Lakukan sampai 2 sampai 3 kali sehari. 


10. Mengobati penyakit menular seksual


Caranya adalah dengan mengeringkan belimbing wuluh dan daunnya di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, rebus dengan air hingga mendidih. Lalu, minum air hasil rebusan tersebut hingga habis. 


Cara Menanam Belimbing Wuluh


Pohon belimbing wuluh sebenernya sangat mudah untuk dibudidayakan. Untuk budidaya belimbing wuluh dapat dilakukan dengan cara stek batang, cangkok dan dari biji. Untuk mendapatkan bibit,Anda bisa membeli bibit belimbing wuluh di toko pertanian terdekat, atau Anda bisa menggunakan metode cangkok. Jika menggunakan biji, masa berbuahnya sangat lama, sekitar 1-2 tahun, tetapi proses cangkok bisa berbuah dalam waktu 6-12 bulan.


Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Tanaman Hias
Tanaman belimbing wuluh berbuah lebat.

Berikut beberapa langkah menanam belimbing wuluh: 


Metode pembibitan dengan Buah


Masukkan buah belimbing wuluh yang sudah matang atau tua ke dalam pot berisi tanah gembur


Setelah beberapa minggu biji buah belimbing wuluh akan tumbuh menjadi benih baru


Pindahkan dulu benih belimbing wuluh ke tempat lain sebelum dibawa ke media tanam selanjutnya.


Metode pembibitan dengan Batang


Langkah pertama adalah memilih pohon belimbing wuluh yang berbuah lebat dan sehat


Dan potong batang yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu tua


Setelah batang dipotong, batang pun kemudian direndam dalam larutan untuk merangsang pertumbuhan akar dalam semalam.


Kemudian siapkan media tanam untuk proyek pembibitan dengan campuran tanah gembur beserta pupuk kandang.

Setelah media tanamnya siap, tanamkan potongan batang belimbing wuluh


Setelah itu, siram secara teratur agar lingkungan tetap lembab. 


Cara Penanaman bibit belimbing wuluh


Dalam lubang setinggi 15 cm, masukkan bokashi dan siramlah dengan air sampai merata.


Kemudian taburi dengan insektisida furadan 3g sebanyak 2 sendok makan ke dalam lubang


Kemudian buka tutup plastik dan masukkan bibit belimbing wuluh ke dalam lubangnya


Kemudian, bibit disiram lagi setelah ditanam. 


Dan berikut video belimbing wuluh berbuah lebat: 


Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut