Pin It

25 April 2022

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 17:11

Puncak Gunung Agung Dilihat dari Laut Bali

Cukup lama saya tidak menulis catatan perjalanan saya di blog ini. Nah, bulan ini kebetulan kembali melakukan perjalanan ke Lombok. Seperti biasa, kembali ke rutinitas mengirim besi ke Lombok menggunakan truck. Jika tahun-tahun sebelum pandemi kita naik kapal dua kali, yakni dari Ketapang ke Gilimanuk dan Padangbai - Lembar, kini dari Ketapang langsung ke Lombok menyusuri utara Pulau Bali. Nah, salah satu momen paling menyenangkan adalah menyaksikan keindahan gunung dengan ketinggian 3142 mdpl dan dipercaya penduduk sekitar sebagai rumah dari para dewa, yaitu Gunung Agung. Nah, inilah gunung Agung yang saya ambil dari atas kapal Mutiara Timur 1.

Puncak Gunung Agung Dilihat dari Laut Bali
Puncak Gunung Agung Dilihat dari Laut Bali

Sambil bersantai di atas kapal, kita dimanjakan dengan view laut yang jernih. Selain itu, kita juga bisa melihat indahnya Gunung Agung. Meskipun pelayaran menelan waktu tempuh cukup lama, sekitar 10 jam perjalanan laut, namun terasa menyenangkan dan tidak ada bosannya menyaksikan panorama alam di laut Bali. Berikut foto gunung Agung yang saya ambil dari atas kapal Swarna Cakra di laut Bali. 


Puncak Gunung Agung Dilihat dari Laut Bali

Dan berikut video penampakan gunung Agung yang saya rekam dari atas kapal di laut Bali. 



Gunung Agung 


Menurut Wikipedia, Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Pura Besakih, yang merupakan salah satu Pura terpenting di Bali, terletak di lereng gunung Agung ini. Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovulkan, gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang kadang-kadang mengeluarkan asap dan uap air. 


Puncak Gunung Agung Dilihat dari Laut Bali

Dari puncak gunung Agung kita dapat melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di pulau Lombok di sebelah timur, meskipun kedua gunung tertutup awan karena kedua puncak gunung tersebut berada di atas awan, kepulauan Nusa Penida di sebelah selatan beserta pantai-pantainya, termasuk pantai Sanur serta gunung dan danau Batur di sebelah barat laut. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut