Pin It

26 August 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 10:24

4 Tanaman di Sekitar Kita yang Bisa Dibuat Bonsai

Pandemi berkepanjangan dan PPKM yang gak kunjung selesai memunculkan inspirasi, salah satunya adalah ide membentuk tanaman menjadi karya seni bonsai untuk mengisi waktu luang. Apa Itu Bonsai? Bonsai adalah perpaduan antara seni dan tanaman. Teknik ini dilakukan dengan cara membuat tumbuhan yang ditanam di dalam pot menjadi kerdil dan menonjolkan sisi keindahannya. Nah, dari hobi ketelatenan mengolah tanaman menjadi kerdil menjadi bonsai juga bisa mendatangkan keuntungan besar. Filosofi bonsai juga sebetulnya sangat menarik untuk didalami. Bonsai bisa menjadi terapi saat stres serta mengajari kita untuk bersabar dan lebih kuat. Maka, hiduplah seperti bonsai; Meskipun dihambat pertumbuhannya serta sering dipotong dan ditekuk sama manusia namun dia tetap tumbuh menawarkan keindahan dan keuntungan bagi manusia. Keren kan filosofi bonsai, jika kamu suka bonsai dan bingung memilih pohon apa saja yang bisa dibuat bonsai, tenang saja… disini saya share 4 tanaman yang tumbuh disekitar kita yang bisa dibuat bonsai antara lain Asem Jawa, Serut, Pucuk Merah dan Namnam. 

4 Tanaman di Sekitar Kita yang Bisa Dibuat Bonsai

Bonsai Asem Jawa 


Pohon Asem Jawa yang memiliki nama latin Tamarindus indicus L menjadi salah satu favorit penggemar bonsai, selain memiliki bentuk cabang dan kulit yang indah juga sangat mudah dibentuk dan tahan terhadap pembonsaian. Bonsai asem jawa bisa didapat dari hasil dari penyemaian biji maupun cangkok dari pohon asam yang sudah besar. 


4 Tanaman di Sekitar Kita yang Bisa Dibuat Bonsai

Bonsai Serut 


Serut yang memiliki nama ilmiah streblus asper ini menjadi salah satu tanaman liar yang paling banyak diburu penggemar bonsai. Hal ini tidak mengherankan karena serut jadi idola untuk di taman-taman karena memiliki bentuk batang dan daun yang unik. Selain itu tumbuhan eksotis ini juga mudah dibentuk dan tidak membutuhkan perawatan khusus. 


4 Tanaman di Sekitar Kita yang Bisa Dibuat Bonsai

Sayangnya, beberapa tahun belakangan pohon serut semakin sulit kita ditemui karena selalu jadi incaran bonsai hunter untuk dijadikan tanaman bonsai di kalangan penghobi tanaman. 


Bonsai Pucuk Merah 


Pucuk Merah atau Syzygium oleana adalah salah satu jenis tanaman hias yang bisa kita buat bonsai. Pohon Pucuk Merah cukup mudah dikenali. Ia memiliki daun berbentuk lancet yang tumbuh rapat antara satu dengan yang lainnya.


4 Tanaman di Sekitar Kita yang Bisa Dibuat Bonsai

4 Tanaman di Sekitar Kita yang Bisa Dibuat Bonsai

Daun-daun tersebut akan mengeluarkan warna merah menyala yang cantik saat masih muda, lalu perlahan berubah menjadi hijau seiring pertambahan usia daun. 


Bonsai Namnam 


Pohon Namnam adalah salah satu tanaman yang cukup langka dan jarang dikenal. Hal yang membuat tanaman bonsai Namnam diminati banyak orang adalah dari batang dan daunnya. Daun Namnam mempunyai keunikan tersendiri dengan bentuk asimetris dan berwarna merah ketika masih muda, namun ketika daun mulai menua akan berubah menjadi warna hijau. 


4 Tanaman di Sekitar Kita yang Bisa Dibuat Bonsai

Pohon Namnam atau anjing-anjing atau sawo pancukan adalah nama sejenis pohon buah dari suku polong-polongan. Pohon berbuah masam ini dikenal pula dengan beberapa nama lain seperti namu-namu, namo-namo, namet, namute, lamute, lamuta, klamute, Puki Anjing, pukih, kopi anjing, puci anggi, puti anjeng. Nama ilmiah pohon Namnam ini adalah Cynometra cauliflora. Berikut video bonsai Namnam: 


Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers