Pin It

02 October 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:17

KUR Super Mikro Bunga 0% Untuk Korban PHK Dan Ibu Rumah Tangga Kreatif, Apa Saja Syaratnya?

Akhirnya pemerintah memenuhi janjinya memberi pinjaman KUR Super Mikro dengan bunga 0 persen via Bank BRI, Mandiri dan BNI untuk para pekerja yang terkena PHK dan ibu rumah tangga kreatif yang ingin membuka usaha di tengah pandemi Covid-19. Ingat ya, suku bunga KUR Super Mikro sebesar 0% yang akan diberikan pemerintah hanya sampai 31 Desember 2020 dan 6% setelah 31 Desember 2020 serta batasan kredit maksimal Rp10 juta. KUR Super Mikro ini dikeluarkan pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

KUR Super Mikro Bunga 0% Untuk Korban PHK Dan Ibu Rumah Tangga Kreatif, Apa Saja Syaratnya?
KUR Super Mikro bunga 0%

Melalui siaran pers No. HM.4.6/97/SET.M.EKON.2.3/08/2020 di website resminya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Skema pinjaman KUR Super Mikro ini diprioritaskan bagi pekerja korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan ibu rumah tangga (IRT) produktif. Pinjaman KUR Super Mikro dengan plafon maksimal Rp10 juta ini bisa diakses dengan agunan pokok berupa usaha atau proyek yang dibiayai KUR dan tidak diperlukan agunan tambahan. 


Lalu , apa saja syarat mendapatkan KUR Super Mikro? Syarat KUR Super Mikro dengan ketentuan sebagai berikut:


1. Masuk kategori usaha mikro.


2. Lama usaha calon penerima KUR Super Mikro tidak dibatasi minimal 6 bulan. 


Lama usaha dapat kurang dari 6 bulan dengan persyaratan:


- Mengikuti program pendampingan (formal atau informal); atau

- Tergabung dalam suatu kelompok usaha; atau

- Memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha. 


3. Bagi pegawai PHK tidak diwajibkan memiliki usaha minimal 3 bulan dengan pelatihan 3 bulan, tapi dapat kurang dari 3 bulan atau usaha baru dengan syarat yang telah diatur oleh pemerintah.


4. Belum pernah menerima KUR 


Jika syarat KUR Super Mikro tersebut terpenuhi maka bisa mendapatkan bantuan program tersebut dari pemerintah. Untuk pengajuan KUR Super Mikro bisa melalui Bank Mandiri atau Bank BRI. Untuk informasi lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke Bank Himbara seperti Bank Mandiri, BRI, BNI dan lainnya. 


Semoga dengan adanya KUR super mikro usaha skala mikro dapat bertahan dan berkembang pada masa pandemi Covid-19 dan dapat berdampak pada akselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email