Pin It

17 October 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 20:07

Chassis Bus Mercedes Bus OH 1623 LG, Rare Item dan Nyaris Tidak Diketahui Publik

Sudah cukup lama saya tidak membahas bus di blog ini, dan untuk artikel kali ini saya akan mengulas chassis bus Mercedes Benz OH 1623 LG dari postingan om Ranger Giga di grup Sejarah Transportasi. Saya yakin masih banyak yang belum mengenal chassis bus Mercedes Benz OH 1623 LG ini. Tidak salah kalau chassis bus ini salah satu model missing link nya Mercedes Benz Indonesia Buses Variation edition selain type 1725, 1634L "Megatrend", dan 1632L. Saya sendiri baru tahu chassis bus ini dari postingan om Ranger Giga di grup Sejarah Transportasi. 


Chassis Bus Mercedes Bus OH 1623 LG, Rare Item dan Nyaris Tidak Diketahui Publik

Hingga saya memutuskan untuk menulis chassis bus langka ini saya pun belum pernah melihat yang beredar di jalanan. Menurut om Ranger Giga, dia pertama kali melihat fisik sasis bus Mercedes Benz OH1623LG ini di pameran Fenatrans 1999 Rio de Janeiro, Brasil. Setahun berselang di pertengahan hingga akhir tahun 2000, dia mendapat penawaran sasis bus dari DCDI, terselip satu brosur sasis bus yang mengagetkan, yakni brosur Mercedes Benz OH1623LG. Tetapi, om Ranger Giga tidak tertarik karena menggunakan bahan bakar gas, meskipun mesinnya tetap OM366.


Kemudian, 7 tahun berselang dia menulis mengenai lineup bus Mercedes Benz yang pernah dijual di Indonesia di Multyply berbekal brosur yang dia punya. Waktu itu juga om Ranger Giga memasukkan varian langka Mercedes Benz OH1623LG pada artikel tersebut. Sayangnya Multyply ditutup jadi semua artikel beliau pun hilang semua. Nah, setelah ikut grup Sejarah Ttansportasi (Se-Tra) dia memposting di grup tersebut. Hingga saat ini om Ranger Giga sendiri masih penasaran dengan sasis bus langka ini yang terhitung sudah sangat modern di jamannya, dan yang pasti penasaran juga siapa sih penggunanya di Indonesia?


Spesifikasi Chassis Bus Mercedes Benz OH 1623 LG


Sasis bus Mercedes Benz OH 1623 LG ini meski menggunakan nomenklatur angka 16, tetapi sebenarnya masuk dalam kelas Heavy Duty dengan GVW 18 ton. Mercedes Benz OH 1623LG ini menggunakan mesin OM366LAG turbo intercooler. Tenaga puncaknya mencapai 231hp. Sistem injeksi bbm nya menggunakan sistem EFI. Transmisinya terdiri dari 2 pilihan, manual 6MT, atau otomatis 4AT. 


Chassis Bus Mercedes Bus OH 1623 LG, Rare Item dan Nyaris Tidak Diketahui Publik

Sasisnya menggunakan basis yang sama dengan seri OH 16T lainnya di Brazil yang dijual di periode 1994-2004 seperti OH1621, OH1628 dan OH1635. Wheelbase nya juga sudah ikut standard Mercedes Benz yang baru, yakni 5.95m. Overhang terbilang sangat panjang, yakni 2.4m di depan, dan 3.2m di belakang. Jadi, jika ditotal, panjang keseluruhan sasis 1613LG ini mencapai 11.6m. Perbedaan spek versi Indonesia dengan Brazil sesuai brosur, ada di suspensinya, dimana untuk Indonesia, tidak menggunakan suspensi udara. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email