Pin It

02 September 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 17:10

Kegiatan Menyenangkan yang Dapat Dilakukan Supir Truk Selama Waktu Senggangnya

Menjalani profesi sebagai supir truk memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus siap berada di jalan untuk waktu yang cukup lama dan jauh dari keluarga kadang hingga berhari-hari lamanya. Kesehatan dan kondisi tubuh harus selalu dijaga agar tetap fit saat berkendara yang tak kenal waktu, dan agar fokus tetap terjaga saat mengemudi jarak jauh baik siang maupun malam. Namun, tentu tantangan tersebut tidak menjadi hambatan bagi para supir truk demi mencari nafkah untuk keluarga tercinta.

Kegiatan Menyenangkan yang Dapat Dilakukan Supir Truk Selama Waktu Senggangnya
Kegiatan Menyenangkan yang Dapat Dilakukan Supir Truk Selama Waktu Senggangnya

Di luar kerasnya tantangan kerja sebagai supir truk, ternyata banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan supir truk selama waktu senggangnya. Supir truk dapat menikmati waktu senggang saat sedang menunggu loading muatan truk, menunggu lalu lintas lancar saat sedang macet parah, saat menunggu cuaca buruk mereda, atau saat membutuhkan istirahat. Mengirimkan muatan tepat waktu sesuai jadwal memang penting, namun mengisi waktu luang dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat juga tak kalah pentingnya. Berikut adalah beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan supir truk selama waktu senggang.

1. Mengistirahatkan badan

Banyak supir truk yang memilih untuk istirahat atau tidur sejenak kapanpun saat senggang. Memastikan tubuh memiliki waktu istirahat yang cukup memang penting untuk menghindari ngantuk saat mengemudi. Jika Anda sudah cukup meluangkan waktu untuk tidur saat senggang, Anda juga dapat menikmati quality time lebih banyak dengan keluarga saat kembali ke rumah. Setelah berhari-hari tidak bertemu keluarga, tentunya Anda menginginkan waktu bersama keluarga dimanfaatkan untuk kegiatan keluarga, misalnya jalan-jalan atau berbelanja. Anda dapat melakukan ini jika Anda telah mendapatkan istirahat yang cukup saat di jalan. Jadi, menghabiskan waktu luang dengan mengistirahatkan badan atau tidur kapanpun saat sempat, memang menyenangkan dan bermanfaat.

2. Mandi dan membersihkan diri

Saat memiliki waktu senggang di tengah perjalanan, tak ada salahnya jika Anda mengisinya dengan mandi atau membersihkan badan agar lebih segar. Waktu senggang saat di perjalanan kadang datangnya tak terduga, namun kadang juga sulit didapatkan. Setelah lama mengemudi di jalan, para supir truk juga perlu menyegarkan badan untuk mengurangi penat dan lelah. Selagi sempat, memanfaatkan waktu senggang dengan mandi dan membersihkan diri dapat menjadi menyenangkan dan banyak manfaatnya. Bawalah alat-alat atau perlengkapan mandi saat berkendara, seperti sabun, sikat gigi dan odol, shampo, atau bahkan electric shaver. Menjaga kebersihan dan penampilan juga penting agar tetap segar di jalan dan lebih percaya diri. Jika Anda bisa menyempatkan untuk membersihkan diri di waktu senggang saat di jalan, saat pulang ke rumah juga akan terlihat lebih segar dan tidak kumal.

3. Bermain gitar akustik

Bermain gitar akustik dapat menjadi kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu senggang. Tentu saja yang pertama Anda harus punya gitar akustik, dan kedua harus bisa memainkannya. Memainkan lagu favorit di waktu senggang dengan gitar akustik akan membuat Anda lebih rileks. Stres selama mengemudi truk dan rasa lelah juga akan berkurang dengan bermain gitar akustik. 

4. Bermain game online

Anda suka bermain game online? Para supir truk juga dapat memanfaatkan waktu senggangnya dengan bermain game online. Namun pastikan Anda beristirahat di area dengan sinyal dan koneksi internet yang cukup baik. Jika tidak, game offline pun dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu senggang untuk mengurangi penat saat di jalan.

5. Menikmati kopi

Memiliki kondisi badan yang segar dan tidak mengantuk adalah penting bagi para sopir truk. Maka bagi para penggemar kopi dapat memanfaatkan waktu senggang untuk menikmati kopi untuk menjaga kondisi badan agar tidak mengantuk. Saat senggang, Anda dapat menepi di kedai kopi dan rileks sambil menikmati kopi. Dijamin hal ini akan membuat tubuh Anda lebih segar dan lebih siap untuk melanjutkan perjalanan.

Apapun kegiatan yang dipilih untuk mengisi waktu senggang sebagai seorang pengemudi truk, pastikan kegiatan ini dapat dinikmati dan memberikan manfaat. Hal yang tak kalah pentingnya adalah mengatur waktu istirahat atau waktu senggang tersebut. Jangan sampai karena asyik menikmati waktu senggang, Anda menjadi lupa waktu dan perjalanan menjadi lebih lama dari yang telah dijadwalkan sebelumnya.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email