UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

26 October 2019

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

Loading...
Belum lama ini saya main ke garasi perusahaan angkutan logistik PT Samudera Raya Jaya di Surabaya. Ketika masuk garasi, saya mendapati beberapa unit truck semitrailer dengan tractor head UD Trucks Quon. Nah, dalam artikel ini saya akan mengupas UD Trucks Quon ini. Sebenarnya, sebelum resmi memasarkan truk Quester di Indonesia sejak 2017 lalu, UD Trucks pernah merilis truk Quon, di pasar Indonesia. Quon sendiri dijadikan UD Trucks sebagai simbol mereka dalam menjalankan visi masa depan untuk transportasi logistik “pintar” terutama dalam hal efisiensi bahan bakar, kenyamanan dan keamanan berkendara hingga sisi produktivitas. Sayang penjualan UD Trucks Quon ini tidak diteruskan dan diganti dengan UD Trucks Quester. 

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

Salah satu yang menjadi pertimbangan dihentikannya penjualan Quon yakni Volume pasarnya terbilang cukup kecil dan harganya juga cukup tinggi. Ketersediaan unit hasil produksi dari Jepang juga terbilang sedikit, karena di masa Quon masuk Indonesia, manajemen UD juga masih berbenah setelah diakuisisi Volvo. 

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

Saat itu, ada banyak distributor utama Quon di berbagai negara yang kena imbas peralihan manajemen pusat ini. Bahkan, sekelas Tan Chong dan DCH Holding juga kena imbas, sehingga penjualan unit Quon untuk pasar Asia Timur (kecuali Jepang) dan negara-negara lain juga terpaksa berhenti. Sedari awal pemasaran Quon di luar Jepang (dengan mesin asli buatan UD), hanya ada 2 area yang "diselamatkan" oleh kantor pusat, yakni Oceania dan Afrika Selatan, karena angka penjualannya yang baik. Selebihnya, hanya menunggu "nomor antrian" untuk dihentikan saja, dan umumnya kebagian versi baru dengan mesin turunan Volvo. 

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

Sebenarnya sih Quon itu truk tangguh dengan teknologi yang lebih hebat dibanding UD Trucks Quester. Misalnya, untuk axle belakangnya, Quon tersedia varian axle dengan air suspension meski saya belum pernah melihat secara langsung versi air suspension. Fitur atau opsi ini tidak dimiliki UD Trucks Quester. Sayangnya, di Indonesia, truk dengan air suspension kurang cocok karena memang tipikal pemilik truk di Indonesia senang membawa muatan berlebih. 

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

Aura futuristik memang mendominasi desain eksterior UD Quon. The Quon Vision hadir melalui garis bodi yang tegas, lugas dan clean. Semua terpusat pada gril yang mengambil The Hexagonal Concept yang merupakan desain orisinil dari setiap kendaraan lansiran UD Trucks. Grill hexagonal ini sudah dimulai dari Cab-over truck pertama UD Trucks yang dibuat pada tahun 1960an dan melegenda yakni TC80G. Keenam sudut hexagonal pada gril masing-masing mewakili ide dari Tough, Distinctive, Caring, Smart, Harmonized dan Supportive. Desain ini mengacu kembali pada sentuhan dan kualitas Jepang yang kuat yakni Bold Rise and Clean yang mampu memberi kesan produk dengan kualitas tinggi.

The Quon Vision diciptakan oleh tim desain UD Trucks dengan berbagai latar belakang dan disiplin ilmu yang berbeda-beda. Tim intinya terdiri dari Toshio Shiratori selaku Desain Director dan Kouichi Naitou selaku Chief Desainer, Ryousuke Kishimoto dan Takayuki Iuchi sebagai desainer, Takayuki Asaoka dan Mitsuyasu Ebe sebagai Physical Modeler. 

Untuk pasar Jepang sendiri, Quon dipasarkan dalam beberapa type seperti dump truck, mixer, tractor head sampai kargo. Untuk aplikasi dump truck atau mixer, Quon untuk pasar Jepang tersedia dalam varian P12 dan P18. PIlihan mesinnya tersedia dalam tiga versi. Yakni, GH11TA bertenaga 360 PS, GH11TB bertenaga 390 PS dan GH11TC bertenaga 420 PS dengan transmisi Escot VI. 

Untuk varian dump truck, Quon tersedia dalam tipe CD 6x2 20 ton dan 22 ton, serta tipe CW 6x4 20 ton dan 22 ton. Sementara, untuk varian truk mixer, tersedia varian CD 6x2 20 ton dan CW 6x4  20 ton dan 22 ton. Semua varian Quon didukung dengan beragam fitur keamanan dan keselamatan dan kabin yang didesain aman serta lampu depan LED. 

Untuk tipe truk kargo, UD Trucks menawarkan lebih banyak lagi variannya. Mulai dari CD 6x2, dengan pilihan 20 ton sampai 25 ton, CG 8x4 dengan pilihan 21 ton sampai 25 ton, serta CW 6x4 dengan pilihan 22 ton dan 25 ton. Ada juga varian CX 6x4, CD 6x2, serta CG 8x4. Di pasar domestik Jepang, Quon tipe kargo biasanya dipasangkan dengan kargo box model wing box atau bak terbuka terbuat dari material aluminium yang tahan karat. 

Indonesia Rilis The New Quon CWB6B Dump Truck Pertama Di Dunia 

Ketika itu, Rabu 30 Mei 2012 The New Quon CWB6B Dump Truck di rilis di Indonesia. Untuk memenuhi permintaan truk berat (heavy-duty) atau kategori V yang terus meningkat khususnya untuk pertambangan, UD Truck Indonesia meluncurkan produk terbaru, dump truck “The New Quon CWB6B”. Peluncuran dilakukan di Kantor Pusat PT United Tractors Tbk, Cakung, Jakarta Timur, yang merupakan distributor truk asal Jepang tersebut. Saat itu di Indonesia, agen tunggal pemegang merek ini adalah PT UD Trucks Indonesia. 

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

Sebelumnya UD Trucks adalah UD Nissan. Setelah produsen truk Jepang ini diakuisisi oleh Volvo Trucks, namanya diganti menjadi UD Trucks. UD adalah singkatan dari ultimate dependability. Karena itu pula, ATPM UD Trucks juga memasarkan Volvo Trucks (nama perusahaan berbeda). Menurut Roberto Christian, Manajer Komunikasi Volvo Trucks dan UD Trucks, kedua truk berat itu menyasar pasar yang berbeda. “UD Trucks masuk kategori sedang, sedangkan Volvo premium. Kini, UD Trucks yang dibuat di Jepang itu juga mulai banyak menggunakan teknologi Volvo,” ungkapnya. 

Sementara itu, Piere Jean Verge-Salamon, Managing Director UD Truck Indonesia, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan The New Quon CWB6B. “Ini suatu kehormatan bagi kami. Indonesia merupakan pasar UD Trucks nomor dua di dunia setelah Jepang,” ungkap Verge-Salamon.

Dibandingkan dengan pendahulunya, standar emisi mesin UD CWB45 sudah mencapai Euro3. “Berarti lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan,” lanjut Verge-Salamon. 

Menurut Loudy Irwanto Ellias, Direktur PT United Tractors, mesin yang digunakan adalah GH13 dan sudah disesuaikan dengan kualitas solar di Indonesia (solar non-Pertamina Dex). “Kami menambahkan saringan bahan bakar dan pemisah air agar bisa bekerja dengan solar yang dipasarkan di Indonesia,” urai Loudy. Ditambahkan, spesifikasi yang dipublikasi pada brosur sama dengan kemampuan mesin yang dipasarkan di Indonesia. 

GH13 adalah mesin diesel 6-silinder, turbo intercooler, 12.777 cc yang menghasilkan tenaga 367 PS (270 kW) @1.899 rpm dan torsi 1.754 Nm @ 950-1.450 rpm. Untuk transmisi, dipilihkan manual 8-percepatan dan dilengkapi dengan power steering hidraulik. Perubahan lain adalah desain kabin baru. Pada CW baru, kabin untuk pengemudi dirancang melingkar dan dirancang dengan konsep SAFE (Safety and Friendly Evaluate System). 

Spesifikasi UD Trucks Quon CWB6B 

Dimensi           

Panjang          : 7.800 mm
Lebar              : 2.490 mm
Tinggi             : 2.960 mm
Jarak sumbu roda : 4.350 mm
Trek depan           : 2.029 mm
Trek belakang       : 1.838 mm
Jarak terendah (ground clearance): 265 mm
Jari-jari putar        : 6.800 mm

Bobot           

Berat kendaraan               : 8.500 kg
Kapasitas aksel depan     : 7.500 kg
Kapasitas aksel belakang : 26.000 kg 

GVW maksimum : 26.000 kg/menggunakan ban 11.00R-20
                             : 33.000 kg/menggunakan ban 12.00R-20
Muatan               : 17.500 kg/menggunakan ban 11.00R-20
                            :  24.500 kg/menggunakan ban 12.00R-20 

Mesin ini memiliki fitur intelegent engine yang dapat mendeteksi kesalahan, trouble shooting dan mengetahui kondisi bahan bakar kendaraan. Model yang menggantikan UD CWB45 memiliki fitur highly refined solid surrounding sehingga pengemudi dapat mengurangi kelelahan saat mengoperasikan truk di medan pertambangan yang berat. Kombinasi flat torque, ultra high pressure multiple injection, dan gear box dilengkapi dengan over drive ratio sehingga lebih menghemat bahan bakar. 

Model ini dilengkapi kokpit melingkar dan tempat penyimpanan barang yang luas. Struktur kabin di desain khusus dengan mengedepankan keselamatan pengemudi sebagai fokus utama.

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia

Untuk fitur keamanan, UD membuatkan panel lantai yang lebih kuat, balok pintu samping dan frame pintu lebih kuat. UD juga menggunakan suku cadang UD asli sehingga pelanggan mendapatkan kualitas yang terjamin. Saat itu, harga truck UD Quon dijual senilai Rp. 1.150 miliar.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai UD Trucks Quon Di Pasar Indonesia. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers