Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

01 February 2019

Sejarah Bus Double Decker LGOC B340 Di Kota London Pada Tahun 1910

Lama blog widodogroho.com tidak membahas sejarah bus, nah kali ini saya akan membahas sejarah bus tingkat LGOC B340. LGOC B340 adalah bus double decker yang beroperasi di London pada tahun 1910. Bus LGOC ini di buat oleh London General Omnibus Company. LGOC B-type ini di desain oleh Frank Searle yang menjabat sebagai chief engineer dari LGOC. Bus double decker LGOC B340 ini masih menggunakan frame dari kayu namun untuk velg roda sudah menggunakan besi. Kapasitas bus ini sendiri mampu menampung penumpang sebanyak 34 orang.



Menurut situs Wikipedia, top speed bus ini mencapai 16 miles per hour atau 26 km/h. Bus ini melayani kebutuhan transportasi warga London dari 1910 hingga 1914. Kemudian pada 1914 hingga 1920 bus ini beroperasi di Perancis dan Belgia. Pada 14 February 1920 bus double decker LGOC B430 atas inspeksi raja George V dari Buckingham Palace menjadi bus kerajaan. Pada 7 Mei 2006, bus ini masih mampu berjalan ketika dan sukses melaju dari London hingga London hingga Brighton, dan foto bus LGOC bisa dilihat dibawah ini.



Pada tahun 1970, bus ini dimasukkan kedalam London Transport Museum dan masih bisa kita saksikan hingga kini. Dari sini bisa kita lihat betapa sejarah bus sudah begitu panjang dan bus sudah menciptakan budayanya sendiri. Maka dari itu, mari kita budayakan naik bus sebagai transportasi keseharian kita.

Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Sejarah Bus Double Decker LGOC B340 Di Kota London Pada Tahun 1910. Ikuti update terbaru di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers