Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

15 August 2018

Ada WIKA Di Mesin Isuzu NQR

Kemarin rekan saya, mas Arief Mahardika ngantar chassis bus Isuzu NQR baru milik PO Jaya Slamet ke karoseri KAS. Kemudian mas Arief kirim salah satu bagian mesin Isuzu NQR ke saya. Ternyata ada yang unik di part mesin Isuzu NQR type 4HG, kok ada embos Wika? Wijaya Karya kah? Kalau memang iya, apakah Wika selain precast beton juga cetak komponen mesin ya? Karena penasaran kemudian foto saya unggah di Facebook dan Instagram. Setelah saya unggah, rekan saya, om Ranger Giga membenarkan hal tersebut. "Ya benar, ada beberapa komponen cast steel Isuzu yang bikinan Wika, sebagai salah satu vendor resmi untuk local content. Wika selain terkenal di bidang konstruksi, juga ada sub industri teknik lain, salah satunya casting & machining division", begitu penjelasan om Ranger Giga.

Ada WIKA Di Mesin Isuzu NQR

Kemudian, rekan saya mas Budi Soeprapto menambahkan kalau sebagian part komponen juga gak cuma di buat dalam pabrik, sebagian ada yang di buat di SMK N 1 Majalengka dengan operator beberapa anak SMK disana. Kemudian om Ranger Giga membenarkan komentar mas Budi Soeprapto. "Local content berasal dari banyak vendor. Untuk proses pengerjaannya juga ada yg dibuat di SMK yang memiliki keahlian khusus, tambah om Ranger Giga.

Kemudian pak Tono Sukarnoto (Salah satu dosen di Universitas Tri Sakti) juga menjelaskan kalau dulu pabriknya di Jatiwangi. Cover kepala silinder aluminum salah satu produknya. Produk Wika dipakai juga di mesin Perkasa. Begitu juga dengan mas Suwarno Adi Prayitno, beliau nambahin kalau engine head cover mobil Esemka juga pakai produk Wika. Rekan saya lainnya, Adam nambahin pabrik Wika yang nyetak komponen mesin beralamat di Majalengka.

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) sendiri dalam sejarahnya adalah salah satu perusahaan konstruksi di Indonesia. Wika itu hasil nasionalisasi perusahaan Belanda, Naamloze Vennotschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedijf Vis en Co atau NV Vis en Co, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 1960 dan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) No. 5 tanggal 11 Maret 1960. WIKA lahir dengan nama Perusahaan Negara Bangunan Widjaja Karja. Setelah saya unggah ke medsos, sekarang makin jelas kalau WIKA bukan hanya perusahaan bidang konstrusksi gedung dan precast saja. Wika punya banyak divisi diantaranya Wika Realty, Wika Intrade dan tentu saja casting & machining division.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Ada WIKA Di Mesin Isuzu NQR. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers