Pin It

03 June 2018

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 01:26

Cara Membuat Bonsai Kelapa Hidroponik

Kemarin saya jalan-jalan ke penggemar bonsai dan melihat koleksi bonsai kelapa hidroponik. Melihat bonsai kelapa hidroponik tersebut saya langsung tertarik dan menanyakan harga. Ternyata harga bonsai kelapa hidroponik ini cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibanding bonsai biasa. Saat ini bonsai kelapa hidroponik memang sedang populer hingga saat ini. Teknik hidroponik ini menggunakan media air sebagai pengganti tanah untuk media tanam.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Hidroponik

Beruntung saya punya teman seorang pembuat bonsai kelapa hidroponik, beliau adalah om Jujuk Hadianto dari Jogja. Dan om Jujuk bersedia berbagi tips cara membuat bonsai kelapa hidroponik. Mau tahu caranya? Simak terus ulasan tentang menanam bonsai secara hidroponik ini.

Menanam Bonsai Kelapa Dengan Cara Hidroponik

Menurut penjelasan om Jujuk Hadiyanto, tanaman bonsai kelapa sangat mudah ditanam secara hidropnik. Menanam bonsai secara hidroponik untuk pohon kelapa sebenarnya hampir sama dengan bonsai kelapa secara umum. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada proses penanamannya. Nah berikut langkah menanam bonsai kelapa secara hidroponik.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Hidroponik

Menanam bonsai kelapa secara hidroponik pada kelapa bisa Anda mulai dengan kelapa yang telah bertunas. Lalu buka serabutnya dengan perlahan dan jangan sampai melukai tunas dan akar jangan terputus, lalu tutupkan kembali serabut tersebut pada kelapa dengan mengikatnya menggunakan tali plastik. Kemudian rendam dalam wadah atau ember berisi air yang bercampur dengan pupuk pelet, garam, vetsin dan 1 stimulan.

Setelah akar memanjang, serabut tadi dibuka. Setelah sabut kelapa bersih, akan terlihat bulu-bulu halus pada batok kelapanya. Bulu-bulu halus tersebut harus dikerok dengan pisau hingga batoknya terlihat licin dan mengkilap. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menggunakan amplas. Kemudian pindahkan kelapa ke wadah dengan bagian akarnya terendam dalam air. Awas, tempurung kelapa jangan sampai terendam air. Selanjutnya, setelah bonsai kelapa hidroponik ini terbentuk bisa masuk dalam tahap perawatan.

Pohon bonsai mini tadi perlu dirawat dengan beberapa perlakuan seiring pertumbuhannya. Ketika tunas bonsai sudah mulai tumbuh dan mengeluarkan daun baru yang belum terbuka, potonglah daun yang belum terbuka tersebut. Perlakuan ini bertujuan untuk mencegah daun kelapa tumbuh ke arah atas. Anda bisa memangkas daun yang masih terlipat tiap kali tumbuh daun baru. Lakukan terus agar bonsai kelapa Anda tetap imut dan menarik.

Cara Membuat Bonsai Kelapa Hidroponik

Untuk mempertahankan bentuk bonsai tetap mini, Anda harus melakukan penyayatan pada tunas yang lebih tua. Jika bibit sudah tumbuh hingga 15 sampai 20 cm, berikan sayatan pada tunas yang paling bawah. Untuk menghindari pembusukan, jangan sampai tunas yang masih muda juga terkena sayatan. Lakukan penyayatan ini minimal 3 hari sekali. Jangan lupa lakukan penggantian air sekali dalam seminggu. Lakukan secara rutin sampai terbentuk bonsai kelapa yang indah dan unik.

Nah itulah cara menanam bonsai kelapa hidroponik yang bisa Anda praktekkan di rumah. Selamat mencoba.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers