Pin It

09 October 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 21:28

Oracle Dyn Temukan Jalur Internet Baru Korut Melalui Friendship Bridge

Membahas negara tertutup seperti Korea Utara memang mengasyikkan bagi saya pribadi. Nah kini saya akan membahas mengenai internet di Korut. Jembatan kereta api Friendship Bridge di perbatasan Korea Utara dan Rusia kini sekaligus berperan menyambungkan jalur internet antar kedua negara. Keberadaannya pertama kali diketahui oleh firma intenet Oracle Dyn yang mengamati trafik internet dari Pyongyang. Mengutip The Washington Post, Oracle Dyn pertama kali mendeteksi trafik dari jalur internet baru Korea Utara lewat TransTelekom pada Minggu (1/10/2017).


Seperti kita ketahui bersama, ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat juga terjadi di ranah cyber. Pekan lalu, misalnya, dalam rangka menekan program nuklir rezim Kim Jong Un, US Cyber Command melancarkan serangan cyber terhadap dinas intel Korut. Serangan berjenis Distributed Denial of Traffic (DDoS) itu mencekik jalur internet Korut sehingga komputer-komputernya kesulitan tersambung ke jaringan internet global. Terlebih, Korut selama ini hanya memiliki satu sambungan internet internasional ke China.

Beruntung buat Korut, salah satu tetangganya siap sedia membantu. Sebuah perusahaan telekomunikasi bernama TransTelekom asal Rusia membuka jalur internet baru, hari Minggu awal bulan Oktober ini. Kabel sambungan internet baru itu dibentangkan melintasi jembatan kereta api Friendship Bridge yang menghubungkan Korut dan Rusia di perbatasan kedua negara.


Korut pun kini memiliki dua sambungan internet ke dunia luar, yakni ke China Unicom dan TransTelekom di Rusia, sehingga meningkatkan kemampuannya baik dalam hal melakukan serangan cyber ataupun bertahan. Dengan memiliki lebih dari satu sambungan internet akan memberikan daya tahan apabila salah satunya tidak aktif karena alasan tertentu. Korut kerap terlibat konflik dengan AS di internet dan mengalami kesulitan karena sambungan tunggalnya ke China Unicom. Pada 2014 lalu, misalnya, usai dituding meretas Sony Pictures, internet Korut mendadak tumbang diduga karena serangan balasan dari AS.

Akses internet sebenarnya tidak meluas di Korut, namun banyak digunakan oleh pihak pemerintah dan universitas. Operator seluler di negeri ini, Byol, juga menawarkan paket internet mobile 1 Mbps unlimited seharga 600 Euro per bulan untuk para turis.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers