Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

21 August 2017

Harga Tokek Milyaran, Benarkah?

Lihat toket milik temanku eh jadi pingin nulis tentang tokek yang katanya harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Tokek bernama latin Gekko gecko dikenal di beberapa tempat dengan sebutan berbeda, tekek atau tokek, (Jawa), tokok (Sunda), dan tokay gecko atau tucktoo (Inggris). Lalu mengapa harga tokek mahal? Tokek menjadi mahal dan dicari orang karena konon bisa menyembuhkan orang yang mengidap HIV atau AIDS. Ramuan tradisional dari tokek dipercaya sebagai ramuan paling mujarab untuk menyembuhkan HIV AIDS.


Bagian lidah tokek dan darahnya dikabarkan mengandung zat yang bisa melawan virus HIV. Tokek yang memiliki khasiat itu adalah tokek berbobot lebih dari 3 ons dan dalam keadaan hidup. Selain lidah, empedu tokek konon juga mujarab untuk pengobatan orang yang mengidap AIDS. Kabar beginilah yang membuat orang harus membelinya dengan harga mahal demi menyelamatkan nyawanya.

Bagian empedu tokek juga mengandung senyawa anti-tumor dan kanker sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tokek sendiri sejak zaman nenek moyang digunakan menyembuhkan berbagai penyakit gatal. Banyak orang memberikan kesaksian bahwa penyakit kulit gatal-gatal bisa sembuh dengan tokek yang dibakar atau digoreng.

Harga Tokek

Lalu berapa harga tokek? Harga tokek bervariasi tergantung berat badan dan usia tokek itu sendiri. Lokasi khusus penjualan tokek ada di beberapa daerah, seperti Jakarta, Batam, Banjarmasin, Makassar, Pontianak, Surabaya, dan Solo serta kota lainnya.

Di Pasar Jatinegara, Jakarta, juga terdapat pasar hewan yang menyediakan berbagai macam satwa, dan langka sekalipun, dengan harga murah. Harga tokek dengan berat badan kurang dari 1,5 ons masih pada kisaran Rp 200.000. Namun, bila sudah besar, sekitar 2 ons, dan sudah tua, maka harganya bisa mencapai Rp 5 juta.

Jika nasib mujur, maka penjual bisa melepas tokek seberat lebih dari 3 ons atau 4 ons dengan harga Rp 100 juta. Harganya akan lebih mahal lagi jika sudah mencapai 1 kilogram dan dibeli langsung dari pembeli Korea, China, atau Malaysia. Harganya bisa lebih dari Rp 200 juta.

Tokek raksasa yang pernah ditemukan di pedalaman Kalimantan memiliki berat hingga 64 kilogram dan terjual dengan harga Rp 179 miliar, dibeli oleh pengusaha Korea melalui orang Malaysia.

Dari hasil penelusuran saya enis tokek yang laku dijual memiliki ciri ciri seperti berat min 300 gram ke atas (lebih berat lebih mahal), kondisi badan sehat, tidak cacat, lecet, ekor tidak boleh putus dan mayoritas konsumen mengingkinkan tokek dengan warna dominan putih.

Adapun kriteria kelas bobot tokek seperti dibawah ini:

1. kategori 2,5 ons (berat 2,5 - 2,9ons) harga 5-10 juta
2. kategori 3 ons (berat 3 - 3,4ons) harga 15-20 juta
3. kategori 3,5ons (berat 3,5 - 3,9ons) harga 30-50 juta
4. kategori 4 ons (berat 4 - 4,9ons) harga 100-200 juta
5. kategori 5 ons (berat 5 ons ) harga 300-500 juta
6. kategori 6 ons keatas harga 100juta/ons

Sewaktu waktu harga bisa berubah tergantung permintaan pasar.

Lalu dimana kita bisa menjual tokek? Saya mendapatkan informasi bagi yang mempunyai Tokek dengan ukuran minimal panjang 43,5 cm aman silakan hubungi no: 081287874173, WA: 08819925187, BBM: 54CBEF4B a/n Drs. Casimminanto (Anto)

Yang menjadi pertanyaan adalah benarkah harga tokek mahal? Saya sendiri belum pernah membuktikan sendiri. Namun apabila kita tidak sengaja menemukan tokek besar tidak ada salahnya untuk dicoba menawarkan tokek ke broker dengan nomer yang telah saya sebutkan diatas. Toh tokek itu hanya nemu, bukan sengaja berburu yokek yang menghabiskan banyak waktu dan uang.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Harga Tokek Milyaran, Benarkah?. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Benerkah itu om?? selama ini ane cm berpendapat kalo itu mitos.

Saya sendiri kurang begitu tau kebenaran harga tokek yang fantastis hehehe

Terima Kasih

Followers