Pin It

04 August 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 11:37

Elon Musk, Si Jenius Pengembang Paypal, Pendiri SpaceX, Perancang Mobil Listrik Tesla Serta Pencipta Kereta Supercepat Hyperloop

Artikel kali ini saya akan mengupas si miliuner jenius Elon Musk. Menurut saya Elon Musk menjadi salah satu jenius paling berpengaruh di muka bumi saat ini. Jika kebanyakan miliuner menghabiskan uangnya untuk bersenang-senang, Elon Musk memilih jalan lain. Dengan harta yang dimilikinya, ia memilih untuk mewujudkan cita-cita ambisiusnya. Menciptakan platform pembayaran online Paypal, membuat mobil listrik Tesla, kereta supercepat Hyperloop, serta pesawat ulang alik. Elon Musk ini luar biasa. Berusia relatif muda, kaya raya, serta memiliki ketertarikan mendalam terhadap inovasi iptek.


Elon Musk lahir di Pretoria (Afrika Selatan), kemudian Elon Musk hijrah untuk kuliah di Amerika Utara pada usia 17 tahun. Ia sukses meraih gelar ganda, sarjana bisnis dan sarjana fisika dari University of Pennsylvania, AS. Sempat berencana mengambil program doktor ilmu terapan di Stanford, namun Musk akhirnya memilih untuk mengikuti jiwa entrepreneurship-nya dengan membangun usaha sendiri.

Bermula pada tahun 1995, Musk mendirikan platform penerbitan online Zip2. Empat tahun kemudian, Zip2 dijual senilai US $300 juta dan sebagian uangnya ia manfaatkan untuk membuat X.com, platform pembayaran online yang menjadi cikal-bakal lahirnya PayPal. Pertumbuhan PayPal demikian besar dan mendominasi pasar pembayaran online. Hingga akhirnya, PayPal diakuisisi eBay senilai US $1,5 miliar. Bisa dikatakan, inilah langkah pertama Musk menjadi salah satu miliuner terkaya di dunia.

Sesudah meninggalkan PayPal, Elon Musk memikirkan masalah apa saja yang akan berpengaruh terhadap masa depan orang banyak. Dia bukan berpikir dari perspektif Bisnis apa yang akan paling mendatangkan banyak uang. Dari pemikiran ini, ia lalu menginvestasikan hartanya pada dua bidang yang sudah lama menjadi ketertarikannya: energi berkelanjutan dan eksplorasi luar angkasa.

SpaceX

Pada tahun 2002, Elon Musk mendirikan SpaceX, perusahaan pembuat pesawat ulang alik. SpaceX memenangkan kontrak NASA senilai $1,6 miliar pada 23 Desember 2008 untuk 12 penerbangan roket Falcon 9 dan wahana antariksa Dragon ke International Space Station, menggantikan Space Shuttle setelah dihentikan tahun 2011.

Tesla Motor

Menyusul di tahun 2003, muncullah Tesla Motors, pabrikan mobil listrik. Menurut Wikipedia, perusahaan ini dinamakan “Tesla Motors” sebagai penghargaan kepada Nikola Tesla, seorang insinyur dan fisikawan, yang menjadi penemu konsep motor induksi medan-magnetik (Sekadar informasi, satuan medan magnetik dalam Fisika adalah Tesla atau Wb/m2, sebagai bentuk penghargaan lain kepada Nikola Tesla). Ini terbukti pada mesin utama Tesla Roadster yang menggunakan motor induksi-AC (Alternating Current atau Arus Listrik Bolak-Balik) 3-fase, buatan Tesla sendiri.


Tesla Motors awalnya membuat mobil sport listrik, Tesla Roadster, yang berhasil terjual 2.500 unit di 31 negara. Tesla mulai meluncurkan sedan 4 pintu pada 22 Juni 2012 dan Model X untuk pasar SUV pada 9 Februari 2012. Selain mobilnya sendiri, Tesla menjual sistem powertrain listrik ke Daimler untuk mobil Smart EV dan Mercedes A Class dan ke Toyota untuk mobil listrik RAV4. Musk juga berhasil membuat kedua perusahaan tersebut mau menanamkan modal jangka panjang di Tesla.

Kereta Supercepat Hyperloop

Berlanjut di tahun 2006, ia menanamkan modal awal pada SolarCity, produsen panel tenaga matahari. Yang paling aktual adalah rencana fenomenal yang Musk paparkan yakni Hyperloop. Hyperloop adalah kereta supercepat yang mampu menghubungkan Los Angeles dan San Francisco (sekitar 350 km) dalam waktu 30 menit saja.

Konsep kereta supercepat hyperloop diumumkan pada Agustus 2013, yang mencakup usulan rute dari Los Angeleske San Fransisco. Analisis awal menunjukkan bahwa rute tersebut dapat ditempuh dalam waktu 35 menit, yang berarti penumpang dapat menempuh jarak 350-mile (560 km) dengan rata-rata kecepatan 600 mph (970 km/h), dengan kecepatan penuh 760 mph (1.200 km/h).

Hyperloop versi Musk digarap oleh perusahaannya bernama SpaceX dengan mimpi melakukan revolusi transportasi darat. Namun, sejauh ini belum ada tanda-tanda SpaceX merealisasikan sistem Hyperloop-nya. SpaceX untuk sementara waktu menawarkan fasilitas kepada inovator dan universitas yang tertarik dengan solusi dan teknologi transportasi super cepat Hyperloop. Fasilitas dibangun SpaceX di markasnya di Hawthorne, California, AS, berupa trek tabung sepanjang 1,6 kilometer dengan diameter luar 1,8 meter.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers