Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

21 August 2016

Pendapatan Google Adsense Turun? Begini Cara Meningkatkan Pendapatan Google Adsense

Pendapatan Google Adsense anda menurun? Saya sendiri sering mengalami hal ini. Dari analisa, menurunnya pendapatan Google Adsense akibat menurunnya RKT Laman dan juga menurunnya BPK. Nah, artikel kali ini akan mengulas penyebab dan cara meningkatkan pendapatan Google Adsnese.


Langkah pertama untuk mengidentifikasi penyebab berkurangnya penghasilan adalah mengetahui metrik utama yang memengaruhi penghasilan. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi pendapatan, namun secara umum, metrik penting adalah: tampilan laman, RKT, PPS laman, dan BPK. Anda dapat melihat metrik ini pada tab Laporan kinerja di akun AdSense.

RKT/PPS Laman Menurun

Menurunnya RKT/PPS laman dapat disebabkan oleh desain situs yang tidak optimal atau karena penargetan yang buruk. Pengunjung melihat iklan Anda namun tidak mengekliknya karena dianggap tidak relevan atau mereka tidak melihat iklan Anda sama sekali. RKT/PPS laman rendah sering menyebabkan berkurangnya penghasilan.

Tindakan yang disarankan terhadap penurunan RKT/PPS laman

Jika penghasilan Anda berkurang karena terjadi penurunan RKT/PPS laman, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

Pada umumnya, RKT/PPS laman lebih tinggi dikaitkan dengan keterlihatan yang lebih tinggi. Gunakan laporan untuk menentukan unit iklan tertentu yang memiliki persentase Tampilan Aktif Terlihat yang rendah. Setelah mengidentifikasi unit iklan ini, coba optimalkan penempatannya di situs Anda, misalnya, dengan memindahkannya ke area laman yang lebih populer.

Jika jumlah tampilan laman dari perangkat seluler tinggi, pastikan situs Anda dioptimalkan untuk perangkat seluler. Lebih baik lagi, pertimbangkan untuk beralih ke unit iklan responsif agar dapat memastikan pengalaman terbaik, berapa pun ukuran layar yang digunakan pengguna Anda.

Apakah Anda memiliki RKT seluler rendah? Jika RKT Anda rendah untuk perangkat seluler dan tablet, pastikan situs Anda dioptimalkan untuk iklan seluler.

BPK Menurun

BPK dipengaruhi oleh pasar dan tergantung pada berbagai faktor seperti pengiklan yang menawar pada kata kunci dan nilai BPK yang bersedia mereka bayar. Misalnya, BPK dapat turun pada awal setiap kuartal bila pemasar mengubah anggaran.

Tindakan yang disarankan terhadap penurunan BPK
Jika penghasilan Anda telah berkurang karena terjadi penurunan dalam BPK, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

Pastikan Anda menggunakan ukuran iklan dengan performa terbaik, karena dapat meningkatkan BPK dan RKT. Ukuran paling optimal adalah 720x90, 336x280, 160x600, dan spanduk seluler 320x100.

Pastikan Anda tidak mencekal iklan yang tidak perlu dicekal. Jika Anda mencekal terlalu banyak pengiklan, jaringan iklan, atau kategori umum maupun sensitif, BPK akan menurun karena pengiklan dalam lelang yang menawar inventaris Anda menjadi lebih sedikit.

Ikut sertakan unit iklan Anda untuk menampilkan iklan teks dan bergambar. Memastikan situs Anda memiliki akses ke sebanyak mungkin inventaris iklan akan membantu meningkatkan tekanan lelang dan menaikkan BPK.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi penurunan pendapatan Google Adsense akibat menurunnya RKT Laman dan BPK.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Pendapatan Google Adsense Turun? Begini Cara Meningkatkan Pendapatan Google Adsense. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers