Pin It

02 March 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 07:48

Unik, Bahan Bakar Mobil F1 MRT05 Rio Haryanto Menggunakan Petronas Primax Namun Berlogo Pertamina Di Mobil

Iseng-iseng saya membuka website ti Manor Racing Team www.Manorf1team.com dan ternyata ada yang menarik dari mobil tim Manor Racing untuk F1 MRT05. Mobil yang disebut sebagai Dream Racer itu disokong dua perusahaan energi, yaitu Pertamina dan Petronas. Pertamina merupakan sponsor utama Rio Haryanto. Perusahaan minyak dan gas pelat merah Indonesia itu mendukung Rio dengan memberikan dana sponsor sebesar 5 juta euro (Rp 73 miliar).

Sebagai sponsor, logo Pertamina pun terpampang di bagian sayap belakang dan moncong Manor MRT05. Tulisan Pertamina juga jelas terlihat di kostum balap Rio dan garasi tim Manor.


Namun, MRT05 tidak memakai bahan bakar maupun pelumas Pertamina, melainkan Petronas. Berdasarkan data spesifikasi teknis yang dirilis Manor di website resminya www.Manorf1team.com, mobil bermesin Mercedes-Benz PU106C Hybrid itu menggunakan bahan bakar Petronas Primax, pelumas Petronas Syntium, dan functional fluids Petronas Tutela.


Mobil F1 MRT05 itu memakai bahan bakar dan pelumas Petronas karena perusahaan energi asal Malaysia itu menjalin kerja sama teknis dengan Mercedes. Petronas merupakan sponsor titel tim juara dunia, Mercedes.

Dibanding Pertamina, Petronas memang sudah lebih awal berkecimpung di F1. Mereka sudah melakukan riset berbiaya besar untuk mengembangkan bahan bakar dan pelumas mobil F1. Untuk bisa menyuplai bahan bakar dan pelumas mobil F1 memang tak mudah karena harus dihomologasi oleh FIA.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers