Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

02 March 2016

Unik, Bahan Bakar Mobil F1 MRT05 Rio Haryanto Menggunakan Petronas Primax Namun Berlogo Pertamina Di Mobil

Iseng-iseng saya membuka website ti Manor Racing Team www.Manorf1team.com dan ternyata ada yang menarik dari mobil tim Manor Racing untuk F1 MRT05. Mobil yang disebut sebagai Dream Racer itu disokong dua perusahaan energi, yaitu Pertamina dan Petronas. Pertamina merupakan sponsor utama Rio Haryanto. Perusahaan minyak dan gas pelat merah Indonesia itu mendukung Rio dengan memberikan dana sponsor sebesar 5 juta euro (Rp 73 miliar).

Sebagai sponsor, logo Pertamina pun terpampang di bagian sayap belakang dan moncong Manor MRT05. Tulisan Pertamina juga jelas terlihat di kostum balap Rio dan garasi tim Manor.


Namun, MRT05 tidak memakai bahan bakar maupun pelumas Pertamina, melainkan Petronas. Berdasarkan data spesifikasi teknis yang dirilis Manor di website resminya www.Manorf1team.com, mobil bermesin Mercedes-Benz PU106C Hybrid itu menggunakan bahan bakar Petronas Primax, pelumas Petronas Syntium, dan functional fluids Petronas Tutela.


Mobil F1 MRT05 itu memakai bahan bakar dan pelumas Petronas karena perusahaan energi asal Malaysia itu menjalin kerja sama teknis dengan Mercedes. Petronas merupakan sponsor titel tim juara dunia, Mercedes.

Dibanding Pertamina, Petronas memang sudah lebih awal berkecimpung di F1. Mereka sudah melakukan riset berbiaya besar untuk mengembangkan bahan bakar dan pelumas mobil F1. Untuk bisa menyuplai bahan bakar dan pelumas mobil F1 memang tak mudah karena harus dihomologasi oleh FIA.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Unik, Bahan Bakar Mobil F1 MRT05 Rio Haryanto Menggunakan Petronas Primax Namun Berlogo Pertamina Di Mobil. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers