Pin It

08 March 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:03

Penampakan Jeep Willys Berjalan Diatas Rel Kereta Api Sekitar Kebumen

Apakah anda pernah melihat sebuah mobil berjalan diatas rel kereta api? Mobil berjalan diatas rel kereta api itu benar-benar ada dan bukan hanya di film. Saya ada foto mobil berjalan diatas rel kereta api yang saya ambil dari foto karya J.W. Hogendoorn Dari Nederland. Beliau banyak memotret kendaraan tempo dulu terutama semua varian jeep, baik militer maupun sipil, yang disajikan dalam bahasa Belanda.


Foto mobil berjalan diatas rel kereta api ini diambil sekitar tahun 1948 dan terdapat dua jeep lapis baja di daerah Kebumen, Jawa Tengah. Jip ini kemungkinan adalah Willys yang di modifikasi dengan penambahan lambung lapis baja. Dan lokasi foto di bawah ini di stasiun kereta api Kebumen.


Saya tidak tahu persis siapa yang melakukan modifikasi ini dan kapan. Jip Willys ini kemungkinan belum ada di Hindia Belanda (Sekarang Indonesia) sebelum invasi Jepang. Jadi perkiraan saya setidaknya modifikasi lambung lapis baja ini setelah 1946 dipasang pada sasis Willys ini. Tapi Siapa yang membuat ini dan kapan tepatnya? Pehatikan lambung lapis baja (bentuk dan pengelasan) dan bandingkan dengan Stadswacht Overvalwagens. Hal ini sangat mirip.

Apakah seseorang mendaur ulang dengan memotong dan menyisipkan Overvalwagen hulls untuk memodifikasi jip lapis baja untuk kepentingan K.N.I.L. ini? Atau lambung lapis baja ini sudah di bangun antara 1941-1942 seperti varian dari Ford GP? Beberapa website yang membahas mengenai K.N.I.L. memang samar-samar menyebutkan "jeep lapis baja" atau lapis baja "terreinwagens" ini tapi tidak ada yang rinci menyebutkan siapa pembuatnya. Nah saya masih bingung siapa yang memodifikasi. Siapa tahu?
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers