Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

26 March 2016

Mobil Dirancang Untuk Maju, Begitupun Kehidupan

Mobil itu buatan manusia, namun tidak ada salahnya kita belajar hidup dari buatan kita sendiri untuk maju. Banyak makna yang terkandung dalam setiap bagian mobil dan patut dijadikan pelajaran untuk hidup lebih baik. Diantara adalah mesin, persneling, gas, rem, stir, kaca spion, knalpot. Mobil dirancang untuk maju, begitupun kehidupan dan tak ada salahnya kita belajar dari mobil.


Filosofi Mesin

Bagian ini merupakan salah satu elemen penting dari sebuah mobil. Merupakan penggerak mobil tersebut. Tanpa mesin, mobil tak akan bisa maju. Dalam tubuh kita, yang bisa diumpamakan sebagai mesin adalah jantung. Jantung memompa darah agar kita tetap bisa hidup. Bila kita memiliki suatu tujuan tentu harus ada mesin penggerak yang menggerakkan kita untuk mencapai tujuan tersebut.

Motivasi berperan sebagai mesin dalam menggerakkan kita untuk suatu tujuan tertentu. Jika memiliki tujuan tanpa motivasi, sama saja seperti mobil tanpa mesin.

Gigi Persneling

Kalau kita perhatikan ternyata mobil itu tidak ada gigi mundur, adanya R (Reverse) bahasa kita mengembalikan. Kembali ke jalur setelah mentok. Ya mundur itu Go Back sementara mobil adanya gigi R. Jadi mobil di ciptakan untuk maju, masuk R hanya untuk mengembalikan ke jalur saja setelah mentok. Bukan mundur. Begitu juga kehidupan, dirancang untuk maju seperti juga kendaraan.

Gas dan Rem

Fungsinya tentu untuk maju dan berhenti. Dalam hidup ini kita harus maju untuk mencapai apa yang dicita-citakan. Tetapi rem juga diperlukan apabila kita mengarah ke arah yang negatif.

Misalkan ketika amarah muncul karena suatu hal tentu kita harus mengerem amarah tersebut. Tapi jika untuk suatu tujuan yang positif, injak pedal gas dan melajulah.

Setir

Mengapa setiap mobil yang diproduksi selalu ada setirnya? Ya, karena pembuatnya tahu bahwa ketika mobil ini digunakan tentu akan melalui jalan yang tak selalu lurus.

Jalan hidup orang memang berbeda – beda dan berbagai profesi. Namun ketika kita memiliki setir sebagai pengendali dalam diri kita tentunya kita bisa memilih jalan hidup mana yang akan kita tempuh. Walaupun kita tidak akan pernah tau apakah ada halangan dan rintangan apa yang ada di jalan yang kita tempuh. Dan ketika kita meyadari kita telah salah arah, maka rem lah dan putar setir untuk kembali ke jalan yang benar.

Kaca Spion

Kaca spion digunakan untuk melihat apakah ada kendaraan di belakang kendaraan kita atau tidak. Dalam kehidupan ini memang kita harus fokus ke depan dan menatap jalan yang sedang kita tempuh.

Namun terkadang kita pun harus melihat spion kehidupan kita, yaitu terkadang kita perlu untuk melihat masa lalu kita sebagai suatu pelajaran dan pengalaman untuk menjalani jalan kehidupan yang sedang kita tempuh.

Knalpot

Knalpot merupakan bagian mobil untuk membuang gas yang tidak dibutuhkan. Di setiap diri manusia pastilah terdapat kekurangan, tetapi janganlah hal itu dijadikan alasan untuk terus memiliki kekurangan itu.

Tentu kekurangan–kekurangan yang seperti itu harus dibuang dan dibersihkan agar menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah beberapa bagian mobil yang dapat diambil pelajaran. Walaupun banyak bagian mobil yang lain yang dapat diambil pelajaran dalam kehidupan.

Mobil secanggih apapun tak akan bermanfaat bila dipakai oleh orang yang tak bisa mengendarai. Untuk menjalani hidup ini pun diperlukan kemampuan dalam bidang-bidang tertentu agar menjadi orang yang bermanfaat. Hidup jangan plintat plintut seperti gambar mobil di bawah ini.



Gambar mobil plintat plintut diatas menggambarkan keruwetan hidup, absurditas hidup hehehe...
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mobil Dirancang Untuk Maju, Begitupun Kehidupan. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers