Pin It

31 March 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:34

Mengintip Kehidupan di Penjara LP Bulak Kapal

Penjara bagi kebanyakan orang adalah tempat yang menakutkan. Benarkah penjara adalah tempat yang menakutkan bagi manusia ? Sebenarnya orang orang yang terpenjara itu tidak ada perbedaan dengan manusia bebas di luar penjara. Mereka tidak menakutkan, mereka hanya orang orang yang pernah berbuat salah, yang menebus kesalahannya menjalani hukuman di balik jeruji. Mereka di dalam sana adalah manusia yang juga mempunyai keinginan, dan cita cita jika mereka bebas dan kembali ke masyarakat untuk berkarya dan memulai kehidupan baru. Siapakah diantara kita yang tidak pernah melakukan kesalahan, tidak ada kan? hanya tergantung besar kecilnya kesalahan yang kita perbuat yang membawa kita masuk kedalam penjara atau tidak. Nah, kali ini saya akan berbagi foto situasi kehidupan di dalam Lembaga Pemasyarakatan Bulak Kapal Bekasi. Foto dibawah ini menunjukan situasi di dalam LP tidaklah seseram yang dikira banyak orang.

Sebuah Kamar Di LP Bulak Kapal
Mencari sumber yang berani mengungkap kehidupan dibalik jeruji besi memang cukup sulit. Foto ini saya dapatkan dari seorang rekan yang sedang menjalani proses hukum di LP Bulak Kapal tersebut. Memang sudah kita ketahui bersama, membawa HP bukanlah hal aneh didalam Lembaga Pemasyarakatan, makanya saya akhirnya bisa mendapatkan foto-foto ini hehehe...

Penghuni LP Bulak Kapal

Lembaga Pemasyarakatan Bukan Penjara


Sebagai bangsa yang beradab tentunya semua sepakat bahwa kenyataan kehidupan yang terkadang mewah di dalam penjara tersebut tidak sesuai dengan maksud diadakannya penjara yang saat ini dinamakan sebagai lembaga pemasyarakatan. Memang fungsi penjara dan Lembaga Pemasyarakatan sangat jauh berbeda, tetapi  tetap masih ada kesamaannya, yakni bahwa mereka dihukum untuk mempertanggung jawabkan perbuatan mereka yang melawan hokum. Artinya baik tempat tersebut bernama penjara maupun lembaga pemasyarakatan, tetaplah sama sama sama untuk membatasi seseorang yang telah terbukti melakukan tindak pidana dari kebebasan mutlak sebagaimana orang yang tidak bersalah. 


Namun demikian  memang kehidupan di lembaga pemasyarakatan seharusnya lebih baik dibandingkan dengan kehidupan penjara. Lembaga Pemasyarakatan dimaksudkan disamping untuk memberikan hukuman kepada para nara pidana, juga untuk membina mereka agar pada saat nanti telah selesai menjalani hukumannya, dapat kembali kepada masyarakat dan dapat melaksanakan aktifitas yang benar dan bisa bergaul dengan masyarakat secara baik. Tentu tidak seperti ketika dipenjara seperti cerita zaman dahulu, dimana seseorang yang dipenjara akan diperlakukan “tidak manusiawi” dan pada saatnya ketika mereka sudah selesai menjalani hukuman akan semakin jauh dan terisolir dalam kehidupan masyarakat. Akibat lebih jauhnya mereka akan terpaksa melakukan kejahatan kembali yang kemudian dikenal dengan istilah residivis. 

Kebun Sayur LP Bulak Kapal
Napi Craft LP Bulak Kapal

Bahkan dalam kehidupan di lembaga pemasyarakatan sekarang ada beberapa tindakan yang cukup baik, misalnya dengan pemberian remisi bagi mereka yang telah menjalani sebagian hukumannya dan telah menunjukkan itikad baik. Didalam sana juga ada banyak kegiatan positif seperti berkebun, membuat kerajinan tangan dan sebagainya. Pada intinya lembaga pemasyarakatan itu berfungsi untuk mendidik para penjahat agar mereka menyadari dan tidak kembali melakukan kejahatan kembali. Memang sebagai lembaga yang berfungsi mendidik dan mengembalikan mereka yang dipidana untuk menjadi masyarakat yang taat dan baik, terkadang tidak berhasil. Artinya ada saja diantara para nara pidana yang telah diupayakan sedemikian rupa, tetapi toh masih tetap tidak mau kembali kepada masyarakat secara baik dan tidak mau berhenti melakukan kejahatan.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers