Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

02 January 2016

Andi Fakhrullah Menggapai Mimpi Keliling Indonesia Dengan Ngegembel

Pernahkah anda mendengar orang yang travelling keliling Indonesia dengan cara ngegembel ? Ya seperti inilah yang dilakukan oleh seoarng backpacker pemilik akun facebook Andi Fakhrullah (21) . Pria asal Jambi ini punya cara sendiri untuk menikmati Indonesia. Demi cita-citanya mengililingi Indonesia, Andi Fakhrullah rela meninggalkan zona nyamanya dan berkeliling Indonesia dengan biaya seadanya, oh iya bisa di pantau di akun Twitter nya. Sadar bahwa biaya yang dibutuhkan untuk keliling Indonesia tidak murah, membuatnya harus memutar akal. Andi akhirnya mantap berangkat dari Jambi pada tanggal 27 September 2015. Baginya, nothing is impossible, semuanya bisa dicapai asalkan ada usaha. Dengan uang saku Rp 1,5 juta, Andi pun berangkat menuju Pulau Jawa.


Untuk menggapai mimpinya, Andi Fakhrullah melakukan dengan berbagai cara. Mulai menumpang kendaraan dengan arah dan tujuan sama dan mencari rumah singgah atau penginapan yang bisa di tinggali secara gratis.

"Dari Jambi saya langsung singgah ke Bandung. Dari Bandung saya lanjut ke Jogja, Nganjuk, Probolinggo dan Banyuwangi. Hingga saat ini saya sudah di Bali selama hampir dua bulan karena harus bekerja sambilan," ujar Andi ketika menceritakan pengalaman serunya melalui akun Facebook.

Andi bercerita, selama di Jawa transportasi perjalanan dia akali dengan cara hitchhiking alias menumpang. Sebagian besar adalah menumpang truk. Baginya yang penting adalah sampai kota tujuan dengan selamat. "Kalau untuk menginap saya jelas tidak tinggal di hotel. Saya tidur di alun-alun kota, numpang di kosan teman, di pom bensin, dan juga tidur di rumah singgah backpacker yang disediakan seperti saat di Banyuwangi," kenangnya.

Di Bali, Andi bekerja sambilan membantu penjual pecel lele. Uang itu nantinya dia kumpulkan untuk melanjutkan perjalanan ke Indonesia Timur seperti Lombok, Sumbawa, Kupang, Rote, Labuan Bajo dan selanjutnya Pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Lewat akun komunitas Backpacker Nusantara, Andi pun berpesan kepada netizen, sekiranya ada di antara teman-teman traveler yang berada di kota tujuan Andi berikutnya, Andi berharap ada yang sudi memberikan tumpangan untuk melihat indahnya Nusantara.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Andi Fakhrullah Menggapai Mimpi Keliling Indonesia Dengan Ngegembel. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers