Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

28 December 2015

Jilboobs - Atas Kerudung Bawah Warung - Sudah Ada Sejak 1998 Bersamaan Boomingnya Film India

Fenomena Jilboob, berjilbab tapi bajunya ketat dan pay*dara juga Bokong menyembul kemana-mana memang dengan mudah kita temui. Jilboobs sendiri merupakan satuan dari dua kata, yaitu Jilbab (pakaian kaum hawa muslim biasanya) dan Boobs (dengan arti pay*dara). Jilboobs memang istilah baru, yang kurang lebih berarti mengenakan jilbab atau kerudung tapi membiarkan bagian tubuh tertentu tetap berbentuk, tansparan, bahkan terlihat. Namun untuk gaya seperti itu sebenarnya sudah marak dan menjadi tren sekurang-kurangnya pada akhir era 1990an hingga awal 2000an. Tren berpakaian dengan mengenakan jilbab, namun tetap memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh tertentu sempat menjadi tren pada tahun 1998-2004an, hal itu bersamaan dengan booming film India di Indonesia.


Dulu, banyak remaja putri yang mengenakan jilbab, namun juga mengenakan pakaian ketat, juga memilih pakaian yang memperlihatkan pusar, pinggang bahkan punggung bagian bawah saat pemakainya jongkok. Pamer pusar ini memang sempat ngetren pada era itu sebagai imbas dari booming film India yang kebanyakan pamer pusar dan menjadi tren baru di Indonesia.

Remaja putri berjilbab dengan pusar dipamerkan dapat dengan mudah kita jumpai di angkutan umum, pasar, pusat perbelanjaan dan sejumlah kampus. Maraknya berjilbab tapi pamer pusar, memunculkan banyak reaksi salah satunya dengan terbitnya sebuah buku dengan judul “Atas Kerudung, Bawah Warung” yang sempat dibedah oleh aktivis mahasiswa di Universitas Sains Al Qur’an (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo.

“Kerudung” adalah penutup kepala, sementara “Warung” berarti tempat berjualan, tempat memajang dagangan, di mana calon pembeli bisa melihat bahkan pegang sana-sini dengan sepuasnya tanpa harus membayar. Bagian kepala memang ditutupi, tapi bagian bawah “terbuka” dan bisa dinikmati oleh siapa saja.


Mengenakan jilbab model “Atas Kerudung, Bawah Warung” kini kembali marak dengan istilah baru bernama “Jilboobs”. Istilah Jilboobs sendiri, berdasarkan penelusuran google sudah ada sejak Februari 2013 dan masih ramai hingga kini di akhir 2015.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Jilboobs - Atas Kerudung Bawah Warung - Sudah Ada Sejak 1998 Bersamaan Boomingnya Film India. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers