Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

16 August 2014

Teknologi Parkir "Terbang" Buatan Surabaya

Seiring perkembangan zaman, pemanfaatan teknologi kian beragam. Contoh saja teknologi lift yang diterapkan untuk mengangkut mobil di sebuah area parkir. Ini cocok untuk Jakarta yang terbatas lahan parkirnya. Salah satunya bisa dijumpai pada ajang Indonesia Building Mechanical and Electrical Expo 2014, yang diadakan di arena Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Kamis (14/8/2014).


Manajer PT Indoraya Nusantara Djaya Bob Indra menerangkan, produk-produk semacam ini sebenarnya sudah mulai banyak diaplikasikan pada gedung-gedung perkantoran maupun pusat hiburan dan perbelanjaan seperti mal. Jadi lewat teknologi ini, mobil yang parkir akan 'terbang' atau diangkat hingga ke lantai 10.

"Banyak yang pakai mal, kantor-kantor, malah banyak juga rumah yang pakai. Misalnya rumah yang lahannya terbatas, dia bisa pakai parkiran vertikal, dan supaya mobilnya bisa naik ke atas pakai lift ini. Ini kita sebutnya mobil lift," terangnya.

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan teknologi ini kian banyak, seiring dengan usaha masing-masing Pemerintah Daerah untuk menjadikan daerah administratifnya sebagai kawasan modern.

"Yang paling banyak memang di Jakarta. Tapi kota lain seperti Surabaya, satu dua bangunan juga sudah mulai pakai," ucap dia.

Ia mengatakan, produk lift ini sendiri sudah bisa diproduksi dan dirakit oleh perusahaannya dengan pabrik yang berlokasi di Surabaya. Namun untuk mesin penggerak memang masih mengandalkan impor dari negara lain.

"Italia, Taiwan, Jepang, Korea, Tiongkok. Negara-negara itu yang biasa kita datangkan mesin. Teknologinya juga bermacam-macam tetapi semuanya berstandar EN 8.1 (acuan standarisasi lift Eropa)," terang Bob.

Sementara untuk bahan dasar konstruksi, lanjutnya, perusahaan memperolehnya dari perusahaan nasional. "Kita dapat dari Krakatau Steel. Kalau besi, produksi mereka sudah jaminan mutu jadi tidak perlu impor," pungkasnya.

Selain lift untuk mobil, perusahaan juga memproduksi lift untuk manusia baik yang diperuntukkan untuk gedung bertingkat tinggi maupun hanya sekedar untuk rumah hunian. Harga yang ditawarkan pun bervariasi.

"Produksi kita rata-rata per tahun mencapai 200 unit. Ada Home Lift, kapasitas 2-4 orang atau 320 kg kita jual 50 juta untuk 2 lantai. Ada juga yang kapasitas 1.000 kg bisa menampung 12 orang," ujar Bob.

Sumber: detik.com
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Teknologi Parkir "Terbang" Buatan Surabaya. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers