Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

16 July 2014

Keterkaitan antara Kecelakaan Sepeda Motor dan SIM

Tak heran jika pengendara sepeda motor yang tak punya izin mengemudi (SIM) atau tidak punya banyak pengalaman, berpotensi mengalami kecelakaan fatal. Dari studi yang digalang asosiasi sepeda motor di Swedia (SMC : Sveriges MotorCyklister)  menunjukkan hubungan antara kecelakaan fatal dan SIM semakin kuat.

Pengendara sepeda motor di bawah umur dan tak pakai helm.

Dalam hasil penelitian yang berjudul ”Extreme Behaviour on 2 Wheels”, diungkap angka kecelakaan fatal di Swedia selama 12 bulan (antara 2011 dan 2012). Terdapat 72 kasus (sangat kecil dibandingkan Indonesia), dan yang mengejutkan 25 di antaranya (35 persen) tidak punya SIM! Dari 25 itu dijabarkan lagi, 18 di antaranya terpengaruh alkohol dan obat-obatan.

Ini belum selesai. Ditemukan juga lima pengendara tewas kecelakaan karena tidak menggunakan helm. Beberapa di antara mereka ditemukan mengendarai sepeda motor yang tidak dilengkapi surat-surat lengkap.

Dari korban tewas yang tak punya SIM itu, 60 persen tak punya sepeda motor alias pinjam. Statistik lain yang cukup ironis, pengendara tidak punya SIM kebanyakan berusia muda. Jika dirata-rata umurnya 31,5 tahun alias tak lagi ”anak-anak” dan seharusnya bisa berpikir lebih dewasa.

Ujian Berat
Di Eropa, kecelakaan fatal dan kepemilikan SIM memang bisa dikaitkan, karena untuk mendapatkan SIM, pengendara harus melalui serangkaian ujian berat yang tak sembarangan. Diyakini, pengendara yang sudah terlatih lewat beberapa tes dan pengalaman jauh lebih kecil kemungkinan celaka.

Tentu, korelasi ini akan sangat sulit jika diterapkan di Indonesia, karena masih banyak pemilik SIM sekali pun yang tak paham teknik berkendara, atau bahkan etika dan sopan-santun di jalan.
 
Sumber: visordown
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Keterkaitan antara Kecelakaan Sepeda Motor dan SIM. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers