Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

19 July 2014

Info Mudik: Waspadai Lingkar Gentong Rawan Macet Panjang Di Jalur Selatan

Salah satu titik paling rawan kemacetan di lintas selatan saat mudik adalah di Lingkar Gentong, Jawa Barat. Jalan yang berliku-liku dan naik turun membuat pengendara harus berhati-hati. "Paling parah bisa sampai 10-20 kilometer kalau sudah macet. Harus ada upaya rekayasa," ujar Kapolsek Kadipaten AKP Rudi di Pospam Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (18/7/2014).



Upaya rekayasa yang akan dilakukan adalah sistem buka-tutup sehingga hanya ada satu jalur saja. Polsek Kadipaten juga akan bekerjasama dengan Polres Garut karena berbatasan langsung.

Selain mempersiapkan rekayasa, Polsek Kadipaten juga mempersiapkan aspek lainnya. Aspek pertama adalah mengenai infrastruktur yang bekerjasama dengan Binamarga Dinas PU.

"Kami sudah kordinasikan ke mereka untuk pelebaran dan perbaikan jalan. Memang belum selesai, tapi cukup untuk dilintasi mudik ini," imbuh AKP Rudi.

Aspek kedua adalah aspek personel yang meliputi kesiapan personel. Polsek Kadipaten telah menempatkan personel-personel di sejumlah Pospam sesuai dengan kebutuhan.

"Ketiga aspek sarana dan prasarana, diantaranya pemasangan rambu marka dan sebagainya. Keempat aspek mental dan semangat anggota etos kerja baik fisik maupun mental," kata dia.

Rudi menyebut bahwa jalur Gentong relatif tidak macet saat arus mudik. Kemacetan muncul bila volume kendaraan meningkat karena kondisi jalan yang naik turun.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Info Mudik: Waspadai Lingkar Gentong Rawan Macet Panjang Di Jalur Selatan. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers