Pin It

09 July 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 16:52

BEBERAPA HAL YANG DAPAT DIJADIKAN PEMBELAJARAN ATAS MUSIBAH KECELAKAAN TRANSPORTASI


1.  Kewajiban Pemerintah untuk menyediakan dan menjamin sarana dan prasarana transportasi serta penyelenggaraan kegiatan transportasi yang aman, nyaman, lancar dan menyenangkan bagi pengguna jasa;

2.  Setiap kecelakaan transportasi pada kenyataannya selalu melibatkan beberapa faktor seperti perangkat lunak, perangkat keras, lingkungan alam, dan manusia. Jaminan terhadap penyelenggaraan angkutan yang aman, nyaman dan menyenangkan sangat tergantung dari kepekaan dan kepedulian para pelaksana atau pelaku dan penentu kebijakan (regulator) terhadap situasi yang terjadi di lapangan.

3.  Kecelakaan transportasi tidak terjadi secara kebetulan dan mendadak melainkan melalui suatu proses akumulasi dari kegagalan faktor-faktor perangkat lunak, perangkat keras, lingkungan/alam dan manusia yang pada mulanya bersifat laten, kemudian berkembang menjadi kegagalan aktif dan berakhir dengan kerugian atas harta benda dan jiwa manusia. 


 
Kecelakaan Lalu lintas BUKAN TAKDIR

·  Kecelakaan kadang-kadang disebut sebagai “Act of God” atau takdir, padahal kecelakaan Lalu lintas Jalan bukanlah peristiwa yang tidak dapat dikendalikan seperti bencana alam gunung meletus atau tsunami (ITE, 1982).

·  Persentase takdir relatif kecil, ± 2% dari jumlah kecelakaan yang terjadi.  Artinya 98%, Kecelakaan disebabkan  oleh manusianya sendiri termasuk kondisi kendaraan, jalan dan lingkungannya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email