Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

08 November 2010

Tips Membersihkan Bodi Kendaraan setelah Terkena Debu Letusan Merapi

Letusan Merapi yang menyebarkan debu hingga beberapa kota di Indonesia, merupakan debu vulkanik dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi, yaitu pH 4, dimana kondisi normal ada di angka pH 7. Silika aktif yang dilepaskan Merapi itu dapat merusak bodi kendaraan maupun kinerja piranti kendaraan.
Berikut ini adalah tips untuk membersihkan bodi kendaraan:
  1. Gunakan masker debu dan kacamata pelindung untuk mencegah iritasi pada mata.
  2. Siram bodi kaca dan kolong kendaraan dengan menggunakan air untuk mencairkan deposit debu yang ada pada kendaraan Anda.
  3. Cuci dengan shampo mobil untuk menetralkan kandungan asam yang ada di bodi kendaraan.
  4. Gunakan busa yang lembut dan basah dan jangan menekannya terlalu kuat untuk mencegah goresan pada kaca atau bodi kendaraan akibat debu vulkanik yang mungkin masih tertinggal.
  5. Tetap menyiramkan bodi dengan air pada saat mencuci untuk mengurangi resiko goresan dari debu yang masih menempel pada bodi kendaraan.
  6. Beri perhatian khusus pada karet wiper, dimana jika masih ada debu yang menempel di karet wiper maka akan menggores kaca depan.
  7. Bilas dengan air bersih untuk menghilangkan semua shampo dari mobil.
  8. Keringkan mobil dengan menggunakan lap chamois yang lembab dibandingkan lap kering untuk meminimalisir gesekan.
  9. Jika sudah terlanjur tergores, lakukan pemolesan dengan wax untuk memberikan tampilan bodi yang kembali baru sekaligus menghindari karat akibat gesekan debu vulkanik.
  10. Cuci sesering mungkin sampai letusan gunung berhenti untuk meminimalkan resiko kerusakan di masa yang akan datang.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Membersihkan Bodi Kendaraan setelah Terkena Debu Letusan Merapi. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers