Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

10 October 2010

Tips Menghemat Bahan Bakar

  1. Jagalah agar tekanan ban selalu benar. Tekanan pemompaan ban yang kurang, dapat menyebabkan keausan ban dan pemborosan bahan bakar.
  2. Jangan mengangkut muatan yang tidak perlu dalam kendaraan Anda. Kelebihan muatan akan memberikan beban yang lebih berat pada mesin, sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar.
  3. Hindari pemanasan mesin idling yang terlalu lama. Apabila mesin telah berputar lembut, mulailah berkendara.
  4. Jagalah agar tuas pemilih transmisi otomatis pada posisi "D" (untuk transmisi otomatis). Berkendara dengan tuas pemilih pada posisi "3" atau lainnya, akan mengurangi penghematan bahan bakar.
  5. Lakukan akselerasi dengan lembut. Hindarkan start yang kasar (dengan lompatan). Segera pindahkan ke gigi yang lebih tinggi setelah memungkinkan.
  6. Hindari putaran idling yang terlalu lama. Apabila Anda harus menunggu lama dan Anda tidak berada di jalan, sebaiknya matikan saja mesin dan kemudian start kembali.
  7. Hindari pembebanan dan putaran mesin yang berlebihan. Gunakan tingkat gigi yang sesuai dengan jalan yang Anda lalui.
  8. Hindari percepatan dan perlambatan yang berulang-ulang. Pengendaraan yang sering berhenti dan berjalan memboroskan bahan bakar.
  9. Hindari pemberhentian dan pengereman yang tidak perlu. Jagalah jarak yang stabil. Usahakanlah agar Anda hanya berhenti sebentar di lampu pemberhentian dan aturlah agar Anda dapat terus melaju tanpa berhenti. Jagalah jarak yang secukupnya dari kendaraan lain, untuk menghindari pengereman mendadak. Hal ini juga akan mengurangi keausan rem Anda.
  10. Apabila memungkinkan, hindari kemacetan lalu lintas.
  11. Jangan menumpangkan kaki Anda di atas pedal kopling atau pedal rem. Karena hal ini akan mengakibatkan keausan yang tidak perlu, panas berlebihan dan pemborosan bahan bakar.
  12. Pertahankan kecepatan sedang di jalan bebas hambatan. Semakin cepat Anda memacu kendaraan, semakin besar konsumsi bahan bakar Anda. Dengan mengurangi kecepatan, Anda akan mengurangi konsumsi bahan bakar.
  13. Perhatikan agar alignment roda depan benar. Hindari tumbukan pada trotoar dan kurangi kecepatan di jalan yang kasar. Kesalahan alignment roda depan bukan hanya mengakibatkan keausan ban saja, tetapi juga memberikan beban ekstra pada mesin, yang akhirnya memboroskan bahan bakar.
  14. Jagalah agar bagian bawah kendaraan Anda bebas dari lumpur. Hal ini bukan saja mengurangi berat, tetapi juga akan mencegah perkaratan.
  15. Jagalah agar kendaraan Anda selalu terstel dengan baik dan selalu dalam kondisi puncak. Saringan udara kotor, kesalahan penyetelan celah katup, busi kotor, oli dan gemuk kotor, rem yang tidak distel, dll, kesemuanya dapat menurunkan kemampuan mesin dan memberikan andil dalam pemborosan bahan bakar.
Sumber: Toyota
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Menghemat Bahan Bakar. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers