Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

16 October 2010

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Pengendaraan Malam Hari

  1. Periksa lampu-lampu. Lampu utama (jauh dan dekat), sein, lampu belakang, dan lampu rem harus berfungsi dengan baik. Bersihkan pula kacanya. Hal ini bertujuan agar lampu menghasilkan sinar yang terang sehingga kendaraan lain, baik dari depan maupun belakang, bisa melihat dan kondisi jalan terpantau.
  2. Bersihkan kaca-kaca. Semua kaca depan, belakang dan samping harus dibersihkan agar tidak silau bila terkena cahaya.
  3. Atur pencahayaan interior. Bila pencahayaan panel instrumen bisa diatur, sebaiknya setel pada ukuran yang paling rendah agar tidak membuat mata silau dan cepat lelah.
  4. Sunvisor dapat dipergunakan untuk menghalangi sinar lampu jalan.
  5. Atur spion luar agar tidak memantulkan cahaya dari mobil yang ada di belakang. Lakukan penyetelan spion sehingga pandangan mata tidak persis di bagian tengah kaca.
  6. Atur kecepatan sesuai dengan kondisi jalan. Terbatasnya penglihatan pada malam hari bisa mereduksi kemampuan mendeteksi bahaya di depan.
  7. Jagalah jarak. Bila terjadi sesuatu di depan, Anda masih mempunyai waktu untuk menghindar.
Sumber: Kompas
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Pengendaraan Malam Hari. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers