Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

19 November 2017

Tips Mengatasi Mobil Xenia-Avanza Limbung Di Kecepatan Tinggi

Kali ini saya akan berbagi tips mengatasi mobil Xenia-Avanza limbung dan buntut mental-mental saat kecepatan tinggi. Mengenai limbungnya dua MPV laris ini dalam pengamatan saya penyebabnya yang mendasar adalah suspension-travel yang terlalu pendek, serta kombinasi per yang terlalu keras dengan shock absorber yang terlalu lembek. Akhirnya suspensi gak bisa nahan gerakan rebound body & bounching per nya.

Tips Mengatasi Mobil Xenia-Avanza Limbung Di Kecepatan Tinggi
Per Avanza

Memang Xenia-Avanza kalau diisi makin banyak orang, bantingan jadi lebih "normal", tapi terjadi bodyroll / limbung parah dan ketika sering melewati jalan penuh gelombang stopper suspensi belakang cepat kena dan habis.

Memang Xenia-Avamza ini berlawanan dari minibus semacam Isuzu Phanter, Toyota Kijang serta Mitsubishi Kuda yang per nya gak terlalu keras, sehingga shockbreker masih bisa nahan gerakan perlahan saat body rebound.

Tips Mengatasi Mobil Xenia-Avanza Limbung Di Kecepatan Tinggi

Nah untuk mengatasi bisa mengganti per depan dengan milik Suzuki Baleno atau Peugeot 405. Per belakang ganti milik BMW e36. Per belakang bisa juga pakai per Mercy Boxer atau tiger. Nah, yang diganti per nya saja sedang shockbreker tetap pakai aslinya.

Suspensi dari merek BMW dan Mercy biasanya jadi incaran pemilik mobil seperti Avanza, Xenia dan Innova. Suspensi Eropa dirasa memberikan kenyamanan lebih dibanding suspensi bawaan pabrikan Jepang. Penggantian cukup pada bagian per sudah mampu meningkatkan kenyamanan.

Caranya cukup mudah, pemilik mobil cukup membawa mobilnya ke bengkel, kemudian bagian per mobil Eropa diukur sesuai ketinggian per mobil. Ini juga menghindari per tidak sesuai dengan kriteria. Hanya per saja karena bagian lain tidak usah diganti. Biasanya yang sudah pasti itu untuk Avanza dan Xenia per yang dipakai dari BMW, Innova pakai punya Mercy. Pokoknya cari yang sama ukuran per-nya.

Bagi yang berminat siapkan uang sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 1,7 juta dengan biaya jasa Rp 250 ribu untuk ubahan ini. Proses penggantian ini memakan waktu 2,5 jam jika suku cadang tersedia di bengkel tersebut.

Ban & Velg Besar

Selain cara diatas, pemakaian roda dengan diameter dan tapak yang lebih lebar juga dapat menambah traksi mobil sehingga stabilitas pun meningkat. ada sumber mengatakan mengganti dengan Velg diameter 17inch dan lebar 7,5inch (rata depan-belakang) yang dipadu ban 215/45-17 sangat membantu stabilitas mobil saat kecepatan tinggi. Bisa saja mengaplikasikan roda yang lebih besar atau lebar, namun dikhawatirkan akan berpengaruh pada performa mesin Avanza yang cuma 1300cc.

Nah, itulah Cara Memperbaiki Gejala Limbung Toyota Avanza atau setidaknya tips mengurangi gejala limbung pada kecepatan tinggi pada mobil Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Mengatasi Mobil Xenia-Avanza Limbung Di Kecepatan Tinggi. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers