Pin It

09 October 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:58

Facebook Tiruan Asal Korut, "Best Korea’s Social Network" Yang Dibikin Dengan phpDolphin Akhirnya Di Tutup

Sebagai negara tertutup dengan penggunaan internet dibatasi ketat tentu Korea Utara ingin membuat media sosial sendiri. Setidaknya itulah pikiran saya ketika melihat sebuah jejaring sosial tiruan Facebook bikinan negeri pimpinan Kim Jong Un sejak setahun lalu. Jejaring sosial bernama “Best Korea’s Social Network” tersebut beralamat di starcon.net.kp


Di situs jejaring sosial dengan penampilan mirip Facebook ini, pengunjung juga bisa membikin akun, mengunggah foto sampul dan foto profil, serta mengirim pesan ke teman. Sayangnya situs yang memiliki alamat hosting di Korea Utara tersebut kini sudah tidak bisa diakses. Sepertinya situs Best Korea’s Social Network tersebut memang dibuat untuk keperluan eksperimen oleh seseorang di Korea Utara. Menemukan situs yang di-hosting di Korea Utara adalah sesuatu yang sulit. Namun situs Best Korea’s Social Network ini sempat bisa kita akses. Kebanyakan situs Korea Utara biasanya tidak bisa diakses oleh pengunjung yang berdomisili di luar negara komunis tersebut. Pemerintah Korea Utara dikenal memberlakukan regulasi internet yang sangat ketat. Mayoritas warga dilarang mengakses internet. Mereka yang memperoleh akses pun terus-menerus diawasi.

Jika dilihat dari elemen tag html dalam situs jejaring sosial "Best Korea’s Social Network" ini dibikin dengan phpDolphin. PhpDolphin adalah sebuah sistem software berbasis template yang memungkinkan siapa pun bisa membuat situs jejaring sosial seperti Facebook. Sayang, rekam jejak internet yang tersedia untuk publik tidak bisa mengidentifikasi siapa atau entitas apa yang menciptakan situs tersebut, demikian juga dengan waktu penayangan perdananya yang tidak diketahui pasti. Namun, yang jelas, sejumlah pengguna internet sempat membuka dan membikin akun di Best Korea’s Social Network. Ini bisa dilihat dari banyaknya akun palsu yang membully Kim Jong Un di jejaring sosial itu sebelum akhirnya ditutup.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers