Pin It

07 October 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 10:33

Arti Logo Mobil Esemka Dan Mengapa Berubah? Karena Inovasi, Profesionalisme Yang Berkelanjutan

Bulan lalu warga internet ramai membahas penampakan uji jalan mobil Esemka Digdaya. Nah, pada kesempatan ini saya ingin mengangkat tema tentang makna lambang atau logo mobil Esemka. Saya sempat heran sama komunitas hater yang menganggap logo mobil Esemka ini diartikan lambang dajjal. Ada juga yang bilang mirip lambang bohemian pada logo awal mobil Esemka.


Arti Logo Mobil Esemka

Padahal tidak seperti itu makna dan arti logo mobil Esemka. Agar tidak terjadi salah paham saya akan meluruskan angapan orang-orang mengenai arti logo mobil Esemka.

Logo Esemka Indonesia

- Gear atau roda gigi di artikan bergerak, berjuang, teknologi
- Delapan sisi mata gigi di artikan delapan arah mata angin atau segala penjuru
- Oval kecil di tengah gerigi diartikan sebuah keseimbangan antara berkerja dan berdoa haruslah berimbang
- Oval besar diartikan dunia yang maknanya bercita cita cita besar

Nah, secara keseluruhan logo mobil Esemka dapat diartikan dengan pergerakan atau perjuangan yang berbasis teknologi atau kejuruan untuk kemajuan Indonesia. Sedangkan tulisan Esemka mempunyai konotasi persamaan dengan SMK yang terlahir dari komunitas kejuruan dan vokasi sekolah kejuruan. Tulisan ditulis menggunakan font Times New Roman italic dengan maksud font tersebut luwes dan flexible hingga tidak lekang oleh waktu. Karena ingin terus berkelanjutan, maka mobil Esemka memiliki logo baru seperti dibawah ini....


Logo Baru Mobil Esemka

Nah, tahun 2017, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) yang menaungi Esemka siap ‘beraksi’ dengan pabrik di Boyolali. Kesiapan itu dibuktikan dengan penjabaran logo baru Esemka. Jika dilihat dari desain dahulu terlihat statis, karena hanya ada dua warna, yaitu hitam sebagai dasarnya dan abu pada kelirnya. Sementara itu, dari bentuknya bulat simple dengan tambahan lambang mesin di bagian dalamnya. Kini, logonya kian berwarna dan mengisyaratkan semangat baru.


Logo lama di ubah sebagai wujud komitmennya memasuki industri otomotif global. Sehingga, perubahan logo itu juga menjadikannya mudah dimengerti secara filosofis oleh kaum industri. Logo tersebut menggambarkan inovasi, profesionalisme, berkelanjutan.

Nah, itulah arti dan filosofi logo mobil Esemka. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan mobil Esemka bisa sukses memasuki dunia industri otomotif global.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers