Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

02 August 2017

Suzuki Power Free 1952, Motor Pertama Buatan Suzuki Di Temukan Di Indonesia

Ada kejutan dari gelaran Indonesia Motorcycle History (IMH), Minggu 30 Juli 2017 lalu. Apa sih yang mengejutkan dari gelaran itu? Ya, kejutan itu berupa penampakan motor Suzuki Power Free. Motor Power Free tersebut dibuat pada tahun 1952 dan merupakan produk pertama Suzuki. Motor Suzuki Power Free ini sekarang tinggal satu-satunya di dunia dan yang membanggakan motor itu ada di Indonesia.


Dalam sejarahnya, Suzuki awalnya adalah produsen mesin jahit yang kemudian beralih ke sepeda motor setelah perang dunia ke dua. Motor Suzuki Power Free ini ini wujudnya seperti sepeda onthel yang diberi mesin. Penampilannya dibiarkan apa adanya seperti saat ditemukan oleh Tommy Dwi Jatmiko, pemilik bengkel modifikasi Mastom Custom. Mastom sendiri menemukan motor Suzuki Power Free ini di Semarang.


Menurut Mastom, motor Suzuki Power Free ini dikerjakan bersama teman-teman di Bikers Brotherhood chapter Central Java. Ditemukan apa adanya dari tangan pemilik. Motor Suzuki Power Free ini sangat langka, dan konon tinggal satu di dunia.

Pihak Suzuki Indonesia sendiri kaget dan mengapresiasi temuan Suzuki Power Free ini. Seiji Itayama, Managing Director 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang melihat langsung penampakan motor Suzuki Power Free ini terkejut dengan keberadaan Power Free ini di Indonesia.

“Saya jujur juga baru pertama kali melihat, ini kali pertama. Ini jadi pelajaran sejarah bagi penggemar merek Suzuki,” ucap Itayama di lokasi gelaran Indonesia Motorcycle History.

Spesifikasi Motor Suzuki Power Free

Suzuki Power Free ini di bekali mesin satu silinder, 2-tak 36 cc. Sepeda motor ini mampu menghasilkan tenaga 0,95 tk pada putaran 4.000 rpm. Melihat penampakannya, transmisi manual dan dioperasikan menggunakan tuas.


Motor Klasik Suzuki Power Free Di Jual Dengan Harga Rp 400 juta

Kabar gembira buat para penggemar motor tua atau klasik. Sepeda motor Suzuki Power Free tersebut ditawarkan untuk berpindah kepemilkan alias dijual. Harganya pun cukup fantastis.

“Iya dijual. Untuk harga hampir Rp 400 juta,” ucap Tommy Dwi Jatmiko, pemilik Suzuki Power Free di acara Indonesia Motorcyle History, Minggu (30/7/2017).

Tommy yang akrab disapa Mastom ini akan memberikan sepeda motor ini apa adanya, tanpa restorasi, untuk tidak mengurangi nilai sejarahnya. Dirinya juga meyakinkan bahwa motor ini dapat beroperasi meski masalah pada motor lama kerap menerpa seperti karburator banjir dan butuh waktu lama untuk menghidupkan mesinnya. Proyek yang dikerjakan bersama member Bikers Brotherhood Central Java ini kini sedang mencari pembeli yang tepat.

Mastom berharap calon pembeli sepeda motor ini juga memiliki semangat seperti dirinya.

“Pastinya orang yang mau melanjutkan tradisi dan sejarah Suzuki,” ucap Mastom.

Bila anda ingin meminang atau membeli motor Suzuki Power Free ini silahkan langsung ke bengkel Mastom Custom yang beralamat di Jl. Kemang Selatan VIII B No.67, RT.7/RW.2, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, 12730. Anda juga bisa menghubungi melalui telfon 0818-617-967.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Suzuki Power Free 1952, Motor Pertama Buatan Suzuki Di Temukan Di Indonesia. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers