Pin It

18 August 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 02:26

Cara Meracik Kopi Tubruk Untuk Mendapatkan Cita Rasa Kopi Terbaik

Malam dingin enaknya itu ngopi, tapi jangan kopi instan yang bisa kita beli di toko. Lebih nikmat bila kita meracik kopi tubruk sendiri. Kopi tubruk merupakan warisan budaya Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini. Banyak penikmat kopi yang memilih menyeduh kopi cara ini karena kopi tubruk akan menampilkan karakter kopi dan cita rasa kopi yang sesungguhnya.


Menurut saya kopi tubruk itu jenis kopi yang paling jujur. Kita langsung bisa merasakan aroma kopi asli, juga rasanya yang sedikit asam dan pahit.

Cara meracik kopi tubruk sebenernya sederhana karena tidak membutuhkan mesin kopi atau alat lainnya. Bubuk kopi cukup diseduh dengan air panas. Namun meski terlihat mudah, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk mendapatkan cita rasa kopi terbaik. Berikut cara meracik kopi tubruk untuk mendapatkan kesempurnaan cita rasa kopi.

Menggiling kopi

Aroma kopi yang sudah digiling lebih mudah menguap. Jadi akan lebih baik jika Anda menggiling kopi tepat sebelum diseduh. Tingkat kehancuran biji kopi pun harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu halus karena akan menyebabkan kopi menjadi terlalu pahit dan jangan pula terlalu kasar agar kopi tidak terlalu asam.

Seduh kopi dengan air panas

Saat biji kopi sudah hancur, tuanglah air panas secara perlahan agar aromanya semakin keluar. Suhu terbaik untuk menyeduh kopi tubruk berkisar antara 93 – 96 derajat celcius. Semakin rendah temperatur air, maka rasa kopi semakin asam.

Kopi jangan langsung diaduk

Setelah menyeduh, biarkan kopi larut selama 3-5 menit tanpa mengaduknya terlebih dahulu. Biarkan kopi dan air melarut secara alami. Setelah itu, baru diaduk perlahan. Jika menginginkan rasa yang lebih kuat, maka aduklah lebih lama.

Sajikan kopi sesuai selera

Anda bebas untuk mencampurkannya dengan gula atau tidak. Sebagian orang lebih menyukai kopi tubruk tanpa gula untuk menikmati keasliannya. Namun jika Anda penyuka manis, tidak ada salahnya mencampurkan gula atau susu sesuai selera.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers