Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

12 June 2017

Info Mudik: Jalur Tol Trans Jawa Jakarta - Salatiga Yang Bisa Dilalui Untuk Mudik Lebaran 2017

Dalam artikel Info Mudik kali ini saya akan mengupas jalur tol Jakarta sampai Salatiga yang bisa dilalui para pemudik. Seperti sering kita saksikan dalam tayangan berita, pemerintah terus mengebut pembangunan infrastruktur demi menjamin kelancaran mudik Lebaran pada tahun ini. Rencananya pada masa operasi Lebaran akan dioperasikan jalan tol di Trans Jawa. Setelah tahun lalu ‎hanya sampai Brebes Timur, kali ini masyarakat bisa melalui tol hingga Weleri, Jawa Tengah. Mengutip data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akan ada tambahan jalur fungsional sepanjang kurang lebih 145 km dari Brebes Timur, hingga ke jalur tol Batang-Semarang.


Nah, saya mulai dari DKI Jakarta meski saya yakin 100% pemudik sudah hapal di luar kepala. Bagi pemudik yang ingin menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, bisa masuk ke jalan tol Jakarta-Cikampek dengan panjang kurang lebih 78 km. Jalan tol ini diperkirakan‎ menjadi titik kemacetan mengingat saat keluar Jakarta, masyarakat akan dihadapkan beberapa proyek seperti Light Rail Transit (LRT), kereta cepat, hingga pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Eleveted.


Setelah keluar dari Cikampek, para pemudik langsung masuk jalan tol Cikopo-Palimanan yang biasa disebut Cipali dengan panjang 116 km. Di tol ini, pemudik hanya melakukan pembayaran di gardu tol Palimanan. Di sini, pemudik diminta untuk bijak dalam pengisian bahan bakar, mengingat sepanjang tol ini hanya ada rest area yang terbatas.

Setelah itu, pemudik lanjut masuk ke jalan tol Palimanan-Kanci dengan panjang ruas 28,8 km. Lanjut masuk ke ruas tol Kanci-Pejagan yang memiliki panjang 36 km.

Mulai dari Pejagan, pemudik langsung memasuki jalan tol yang baru dioperasikan tahun lalu, yaitu Pejagan-Pemalang yang saat ini baru difungsikan secara komersial hingga pintu tol Brebes Timur saja.

Spesial untuk tahun ini, mulai dari Brebes Timur pemudik bisa langsung melanjutkan masuk ke jalur tol hingga ke Pemalang, lanjut Pemalang-Batang, lalu Batang-Semarang. Setidaknya akan ada tambahan sekitar 145 km jalur tol yang akan dioperasikan gratis hingga keluar di Weleri.

Keluar di Weleri, pemudik harus melalui jalur pantura melalui Kota Kendal. Baru pemudik bisa masuk ‎ke jalan tol lagi tepatnya ruas Semarang-Solo yang bisa masuk di Ngaliyan.

Di ruas tol ini, pemudik hanya akan membayar jalan tol hingga pintu gerbang Bawen. Setelah itu, pemudik bisa melanjutkan melalui jalan tol hingga ke Salatiga sepanjang 17 km.

Berbeda dengan ruas fungsional dari Brebes Timur hingga ke Weleri, ruas fungsional Bawen-Salatiga ini sudah seperti jalan tol yang sudah sempurna. Memang tol Bawen-Salatiga ini belum diresmikan karena ruas ini rencananya diresmikan setelah Lebaran.

Nah yang paling menarik adalah di gerbang tol Salatiga, pemudik akan dihadapkan pemandangan indah. Gerbang tol Salatiga ini memiliki pemandangan Gunung Merbabu seperti foto pertama di atas. Banyak yang bilang sih gerbang tol ini‎ disamakan dengan gerbang tol yang ada di Swiss.

Foto-foto indahnya gerbang tol itu makin viral setelah jalan bebas hambatan yang menghubungkan Semarang - Solo tersebut diambil gambarnya lalu diunggah di media sosial. Bahkan gubernur Jateng, Ganjar Pranowo pun ikutan selfie di gerbang tol Salatiga dan diunggah di akun instagramnya.


Keluar Salatiga, pemudik bisa memanfaatkan jalur arteri ruas Salatiga-Solo melalui Boyolali‎. Nah itulah ruas tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Salatiga yang bisa dilalui pemudik di lebaran 2017 ini.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Info Mudik: Jalur Tol Trans Jawa Jakarta - Salatiga Yang Bisa Dilalui Untuk Mudik Lebaran 2017. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

About Me

My photo

Saya Penggemar bus dan transportasi publik lainnya

Followers