Pin It

18 May 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 18:12

Tempat Dan Jadwal Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2017 Dari Kementrian Perhubungan

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa dan di akhir dengan Hari Raya Idul Fitri. Nah, bagi anda yang akan mengikuti mudik gratis, kali ini saya akan berbagi informasi jadwal cara mengikuti mudik gratis dari Kementrian Perhubungan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mempersiapkan program mudik gratis bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke kampung halamannya Lebaran 2017. Adapun moda transportasi yang telah dipersiapkan pemerintah yang akan mengangkut sebanyak‎ 208.435 pemudik tersebut. ‎

Mudik Gratis

Kementrian Perhubungan telah menyiapkan moda transportasi darat dengan truk, bus hingga kereta api. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan moda transportasi kapal laut jenis Kapal Roro.‎ Program mudik gratis 2017 bertujuan untuk menekan jumlah kecelakaan akibat kendaraan roda dua saat mudik Lebaran.

Cara Mengikuti Mudik Gratis

Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penumpang sebelum bisa mengikuti program mudik gratis Lebaran 2017. Bagi pengguna kedaraan roda dua, moda yang digunakan adalah bus dan truk. Pendaftaran dibuka secara online dan offline mulai dari tanggal 18 Mei hingga 16 Juni 2017 dan dapat langsung membuka laman resmi program mudik gratis di www.mudikgratis.dephub.go.id

S‎edangkan secara offline, peserta mudik gratis bisa langsung mendatangi sejumlah tempat yang sudah ditentukan Kemenhub, seperti di GOR Bulungan, Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota dan Kantor Dishub Tangerang. Total bus yang dipersiapkan berjumlah 976 bus yang bisa mengangkut sebanyak sekitar 43.920 penumpang. Sementara jumlah truk disediakan sebanyak 54 buah yang bisa mengangkut sebanyak kurang lebih 2.457 kendaraan roda dua.

Untuk arus balik, Kemenhub telah menyediakan sebanyak 244 bus yang bisa mengakut sebanyak 10.980 penumpang dengan jumlah truk sebanyak 23 buah yang bisa mengangkut sebanyak 1.053 kendaraan motor dengan waktu pengangkutan motor pada tanggal 19 dan 20 Juni. ‎

Keberangkatan yang dipersiapkan dari Jakarta akan melalui 29 kota di Pulau Jawa, yakni Cirebon, Ciamis, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Semarang, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Yogyakarta, Blora, Magelang, Klaten, Salatiga, Purwodadi, Boyolali, Solo, Wonosari, Wonogiri, Cilacap, Sragen, Kebumen, Wonosobo dan Temanggung. ‎

Sedangkan moda transportasi truk yang mengakut kendaraan berangkat pada 21 Juni dan kendaraan bus akan berangkat pada 22 Juni. Titik-titik keberangkatan dari Jakarta akan diberitahukan lagi beberapa waktu mendatang. Kendaraan roda dua juga bisa mengambil kendaraannya di titik-titik yang sudah ditentukan di masing-masing kota tujuan.

‎Selanjutnya untuk arus balik, Kemenhub telah menyediakan penangkutan motor dari kota Tasikmalaya, Cirebon, Kudus, Ciamis, Garut, Semarang, Solo, Yogyakarta menuju Jakarta. Pengangkutan motor akan dilakukan pada tanggal 29 dan 30 Juni. Sedangkan truk yang mengangkut kendaraan roda dua akan berangkat pada tanggal 30 Juni dan bus berangkat keesokan harinya pada 1 Juli 2017.

Selanjutnya, bagi pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api ‎pendaftaran via online tahap II sudah dibuka sejak 17 April hingga 4 Juli di laman resmi di www.mudikgratis.dephub.go.id.

Terdapat 3 daerah tujuan angkut motor gratis menggunakan kereta api, yakni lintas utara dari Stasiun Jakarta Gudang sampai Pasar Turi di Surabaya. Perjalanan itu untuk pergi dan pulang.

Lalu lintas selatan 1 dari Stasiun Jakarta Gudang menuju Stasiun Kutoarjo juga untuk pergi dan pulang. Kemudian melalui lintas selatan 2 dari Stasiun Jakarta Gudang menuju Stasiun Kediri juga untuk pergi dan pulang.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers