Pin It

17 August 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:31

Kisah Sukses Andrew Mason Mengembangkan Groupon Dari Sebuah Blog

Malam ini saya akan mengulas Andrew Mason, owner dan pendiri "Groupon". Saya yakin pembaca terutama para pemburu kupon belanja murah pasti mengenal Andrew Mason atau setidaknya Groupon. Kenapa saya harus mengulas Andrew Mason dan Groupon? Karena kesuksesan dia bisa menjadi inspirasi buat kita semua terutama buat para blogger. Kok bisa? Bisa dong, kan sudah kita ketahui bersama banyak aplikasi di dunia yang pada awalnya hanya menggunakan platform blog pada awal mulanya. Salah satunya Groupon ini.


Groupon adalah aplikasi yang saat ini sangat bernilai di dunia dengan nilai valuasi puluhan triliiun rupiah. Bisa menjadi sebesar itu karena Groupon banyak menawarkan kemudahan yang sangat menarik.

Groupon adalah situs marketplace kupon atau diskon atau potongan harga. Jadi, para pemburu harga murah sering mencari produk dengan harga murah di Groupon. Dan para merchant bisa leluasa berpromosi secara gratis lewat aplikasi yang telah diunduh puluhan juta pengguna di seluruh dunia.

Nah ini yang harus kita ketahui, dulunya Groupon memulai semua usahanya hanya dari sebuah blog. Saat itu Andrew Mason, pendirinya menggunakan blog untuk mengumpulkan informasi kupon belanja murah di sekitar Amerika. Andrew Mason dengan tekun mensubmit secara manual dan menghubungi para klien serta merchant via email.

Dari ketekunan Andrew Mason akhirnya bisnis tersebut mendapat kucuran dana segar dari bos nya dengan nilai investasi U$1000.000 atau setara dengan Rp.13 Milyar (dalam kurs saat ini).

Bisnis Groupon pun makin besar, dan berhasil melakukan ekspansi ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia produk nya adalah Groupon Disdus yang dibuat oleh Ferry Tenka. Kita mengenal Ferry Tenka sebagai pendiri Bilna.

Intisari dari tulisan saya diatas adalah kita bisa sukses dari ketekunan kita memulai bisnis ataupun menulis blog. Banyak yang telah membuktikannya dan kesuksesan Andrew Mason dalam membangun Groupon dari sebuah blog hanya salah satu contoh saja.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers