Pin It

12 August 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 11:22

Begini Bus Angkutan Haji Di Arab Saudi

Akhirnya saya mendapatkan foto bus pembawa jamaah haji dari seorang rekan saya yang kebetulan berkesempatan menunaikan ibadah haji. Bus tersebut diambil di sekitar Jeddah, kota beriklim gurun yang super panas katanya. Saat itu teman saya berada di bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Dasarnya dia penggemar bus, jadi dimanapun tempat selalu menyempatkankan diri memotret bus. Ceritanya, di bandara King Abdul Aziz ini ada terminal bus buat jamaah umroh dan haji untuk nerusin perjalanannya ke Madinah. Jarak Jeddah-Madinah ini sekitar 450 km dan ditempuh dengan naik bus selama kurang lebih 6 jam.


Menurut cerita rekan saya, kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas bus (upgrade bus) bagi jamaah calon haji Indonesia membuat perjalanan dari Madinah ke Makkah menjadi nyaman dan masa perjalanan yang lebih singkat. Upgrade bus telah dirasakan manfaatnya oleh jamaah.

Fasilitas Bus Angkutan Haji

Menurut dia, waktu tempuh perjalanan Madinah-Makkah menjadi lebih cepat. “Dengan menggunakan bus-bus baru, waktu perjalanan Madinah-Makkah yang semula ditempuh sekitar 8 jam, sekarang bisa dalam 5-6 jam,” katanya.

Rekan saya menjelaskan bahwa bus yang digunakan untuk mengangkut jamaah adalah bus yang baru dan bagus yang sudah dilengkapi dengan kursi yang dapat dibaringkan (reclining seat) dan ruang yang lebih luas, perlengkapan audio-visual, serta fasilitas wudlu dan toilet. Bus ini baru ini sudah ada sejak Januari 2013, jadi sudah sekitar 3 tahun lalu. Busnya enak, ada toilet dan fasilitas untuk berwudlu. Kursinya juga lebar sehingga nyaman di perjalanan.


Salah satu kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan pelayanan pada penyelenggaraan haji adalah upgrade layanan transportasi di tiga kota perhajian. Upgrade layanan transportasi tersebut adalah untuk rute Madinah–Makkah, Madinah–Jeddah, Makkah–Madinah, dan Makkah–Jeddah.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers